Warga Klambu Grobogan Gelar Apitan di Sendang Keyongan

Budaya  SENIN, 13 JULI 2020 , 17:57:00 WIB | LAPORAN: RUBADI

Warga Klambu Grobogan Gelar Apitan di Sendang Keyongan
RMOLJateng. Puluhan warga Dusun Keyongan Desa Penganten, Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan menggelar tradisi ritual sedekah bumi atau apitan, di lokasi wisata Sendang Keyongan Klambu Grobogan.
 
Sendang Keyongan digelar tetap mengikuti protokol kesehatan yakni semua warga diintruksikan mengatur jarak dan memakai masker.

Menurut Kepala Desa Keyongan Junaidi, mata air Sendang Keyongan dipercaya dapat membuat awet muda bagi orang mandi di sana pada bulan Dzulko’dah atau Apit.

"Manfaat Sendang Keyongan banyak sekali, selan memiliki nilai budaya, Sendang Keyongan juga dimanfaatkan sebagai air minum, dan mengairi sawah warga," katanya.

Pengakuannya, tradisi tersebut sudah turun temurun sejak dulu kala. Bahkan, ada yang percaya untuk pengobatan dan lainnya.

Sementara, tokoh warga setempat, Minurul Hakim menjelaskan, Sendang Keyongan memiliki sejarah yang berhubungan dengan Ki Ageng Katong dan Sunan Prawoto. Kala itu, hidup anak dari Sunan Katong, yakni R. Ponocitro, dan Roro Mendut anak dari Sunan Pawoto memiliki keinginan membuat sebuah masjid yang diletakan di atas bukit.

Kisah tersebut berakhir dengan menancapkan tongkat pusaka, di bawah pohon siput hingga memancarkan sumber mata air, yang saat ini disebut Sendang Keyongan. [hen]

Komentar Pembaca
RMOL World View • Menjaga Gawang Pertahanan Indonesia
BINCANG SEHAT • Memandang Pandemi Dari Kacamata Relawan
Saat-saat HRS Dipindahkan

Saat-saat HRS Dipindahkan

KAMIS, 14 JANUARI 2021 , 21:15:00

Penangkapan Tersangka Pengedar Uang Palsu Di Semarang
Peluncuran UKMmu Oleh OJK Jateng

Peluncuran UKMmu Oleh OJK Jateng

JUM'AT, 27 NOVEMBER 2020 , 18:31:00

Desakan #2021BalikJatidiri

Desakan #2021BalikJatidiri

SENIN, 21 DESEMBER 2020 , 11:00:00