Pecahkan Rekor Muri, Masta PMB UMS Diikuti 4.734 Mahasiswa

Pendidikan  SENIN, 13 JULI 2020 , 16:25:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

Pecahkan Rekor Muri, Masta PMB UMS Diikuti 4.734 Mahasiswa
RMOLJateng. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) tercatat dalam rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) nomor 9.542, sebagai Kampus Pertama yang melaksanakan Penyambutan Mahasiswa Baru Secara Online dan Terbanyak.

"Penggunaan cara daring dalam pembukaan penyambutan mahasiswa baru Masta PMB (Masa Ta’aruf Penerimaan Mahasiswa Baru) ini merupakan sebuah terobosan ditengah pandemi Covid-19 untuk mencegah penularan virus dikalangan mahasiswa. Namun esensi dan tujuan MASTA tetap terlaksana," kata Rektor UMS Sofyan Anif, di Auditorium Moh Djasman UMS, Sukoharjo, Senin (13/7/2020).

Terobosan ini mendapat apresiasi dari MURI, dengan diganjar Rekor MURI ke 9.542, yang diserahkan oleh Senior Manajer MURI, Sri Widayati yang hadir mewakili pendiri MURI, Jaya Suprana, kepada Rektor UMS Prof Sofyan Anif, disaksikan secara daring oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir.

Disampaikan Rektor, Masta PMB UMS akan berlangsung dari tanggal 13 hingga 16 Juli ini. Pada tahap pertama diikuti sekira 4.734 mahasiswa baru tersebar yang tersebar di seluruh Indonesia.

Mereka semua hadir secara online dalam pembukaan. Dilakukan secara online melalui aplikasi Zoom, Schoology dan Youtube.

Senior Manajer MURI, Sri Widayati menambahkan, hingga saat ini sudah ada 9.500 rekor yang tercatat di MURI. Catatan rekor MURI untuk UMS ini menambah deretan rekor yang sudah didapat oleh sejumlah perguruan tinggi Muhammadiyah yang ada di Indonesia sebelumnya.
"Hingga saat ini, sudah 9.500 rekor yang tercatat di MURI. Untuk hari ini UMS tercatat sebagai perguruan tinggi pertama yang melakukan penyambutan mahasiswa baru secara daring," tandas Sri Widayati.

Terpisah Ketua Panitia Dr. Choirul Amin, menambahkan, selama tiga hari MASTA PMB, mahasiswa mendapat 9 materi yakni Al Islam dan Kemuhammadiyahan, Wawasan Kebangsaan, Kewirausahaan, Ortom, Keorganisasian, Pembelajaran Daring, Layananan yang ada di UMS (Layanan Keuangan, Perpustakaan dan lain sebagainya), dan bagaimana cara jadi aktivis di kampus.

"Juga ada expo 27 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas yang akan dilaksanakan pada 22 Agustus 2020. Nanti juga akan dilakukan secara daring," imbuh Choirul.[dit]




Komentar Pembaca
Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 12:14:00

Alat Berat Eksplorasi Alam

Alat Berat Eksplorasi Alam

SABTU, 26 SEPTEMBER 2020 , 15:09:00