Pemkab Kudus Akan Cabut Ijin Usaha Jika Tak Menerapkan SOP Kesrhatan

Kesehatan  MINGGU, 12 JULI 2020 , 16:20:00 WIB | LAPORAN:

Pemkab Kudus Akan Cabut Ijin Usaha Jika Tak Menerapkan SOP Kesrhatan
RMOLJateng. Pemkab Kudus mengancam akan mencabut ijin usaha kafe, restoran, warung makan bahkan hingga mall yang tak menerapkan SOP kesehatan Covid-19.

Langkah tegas Pemkab Kudus ini dimaksudkan untuk memutus mata rantai penyebaran pandemi yang telah ditetapkan pemerintah sebagai bencana nonalam ini.

Plt Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan pihaknya masih sering menemukan kafe, restoran, warung makan atau usaha sejenis yang tak menerapkan SOP kesehatan dalam aktivitasnya.

Bentuknya beragam mulai dari tak disiplin dalam penggunaan masker, aturan jarak dan lain sebagainya.

Terkait "pelanggaran" itu, Hartopo menegaskan pihaknya tak segan menjatuhkan sanksi keras. Mulai dari peringatan, penutupan sementara hingga mencabut ijin usaha.

"Pemkab Kudus sedang gencar mempersiapkan New Normal. Kedisiplinan penerapan protokol kesehatan ini kunci tatanan hidup baru itu. Makanya kita serius kalau peringatan tiga kali tak ada perubahan maka kita akan tutup atau bahkan mencabut ijin usaha," kata Hartopo, Minggu (12/7/2020).

Hartopo menegaskan New Normal bukanlah suatu keadaan bebas dari Covid-19. Namun tatanan hidup baru dengan disiplin SOP kesehatan.

Pihaknya mengingatkan jika hingga kini ketentuan terkait jam malam di Kudus masih berlaku. Oleh karena itu, pihaknya meminta masyarakat tidak keluar rumah kecuali ada kepentingan yang sangat mendesak.

Apabila keluar untuk makan, masyarakat diimbau untuk membungkus saja agar kerumuman dapat dihindari.

"Tren covid-19 di Kudus luar biasa naiknya. Bahkan, saat ini sudah masuk zona merah. Makanya kami berharap semua pihak untuk bersama-sama bergerak mencegah penyebaran virus ini. Usaha silahkan jalan tapi penuhi SOP kesehatan," tandasnya. [jie]





Komentar Pembaca
Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Alat Berat Eksplorasi Alam

Alat Berat Eksplorasi Alam

SABTU, 26 SEPTEMBER 2020 , 15:09:00

Operasi Masker Di Kawasan Simpanglima Semarang

Operasi Masker Di Kawasan Simpanglima Semarang

SELASA, 15 SEPTEMBER 2020 , 15:03:00