Sandiaga Uno: Bonus Demografi Bisa Jadi Bencana Demografi

Politik  SABTU, 11 JULI 2020 , 23:18:00 WIB

Sandiaga Uno: Bonus Demografi Bisa Jadi Bencana Demografi
RMOLJateng. Tahun 2030 Indonesia diprediksi akan mengalami bonus demografi usia produktif 15-64 tahun lebih besar dibanding usia tidak produktif.

Dari data Bappenas, jumlah penduduk usia produktif diprediksi mencapai 64 persen dari total jumlah penduduk yang diproyeksikan sebesar 297 juta jiwa.

Namun demikian, hal ini akan menjadi bencana bila tidak dibarengi dengan langkah antisipasi dari pemerintah. Salah satu yang bisa dipersiapkan adalah investasi di dunia pendidikan.

Bonus demografi itu akan berubah menjadi bencana demografi kalau kita enggak bisa ubah bahwa mayoritas anak usia 7 tahun ini cuma dapat pendidikan 12 tahun ke depan,” kata Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Sandiaga Salahuddin Uno di Jakarta, Sabtu (11/7) dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL.

Mantan Wagub DKI Jakarta ini berharap, pemerintah benar-benar memikirkan kelangsungan anak-anak sehingga bonus demografi menjadi peluang dan terwujudnya cita-cita Indonesia emas 2045.

Mereka harus dapat kesempatan pendidikannya minimal sampai S1 (sarjana) selesai, dan sebagian S2 (magister) dan akhirnya S3 (doktor). Jadi bonus demografi itu bisa jadi bencana kalau kita enggak invest di pendidikan," urai Sandiaga.

Di sisi lain, saat ini ia menyebut porsi tenaga kerja lulusan pendidikan menengah ke atas masih minim. Hal itu karena keterampilan dan skill set mereka yang sangat terbatas. Dengan adanya investasi di dunia pendidikan, anak-anak akan memiliki kesempatan kerja yang berkulitas.

Jadi ini perlu kita tingkatkan sehingga di 2045 di Indonesia Emas mereka punya kesempatan untuk mendapatkan lapangan kerja baru dan berkualitas sesuai revolusi industri 4.0,” tandasnya. [hen]

Komentar Pembaca
Kerja Bakti Polisi Membersihkan Masjid Agung Demak
Program Sehati Pertamina

Program Sehati Pertamina

KAMIS, 23 JULI 2020 , 14:27:00

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

SELASA, 28 JULI 2020 , 15:37:00