DKK Jepara Akan Monitoring Satgas Jogo Tonggo

Daerah  KAMIS, 09 JULI 2020 , 16:24:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD OLIEZ

DKK Jepara Akan Monitoring Satgas Jogo Tonggo
RMOLJateng. Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara akan melakukan monitoring satgas jogo tonggo yang berada di masing-masing desa.

Hal ini guna mengevaluasi kinerja dari satgas dalam penanganan sekaligus mengantisipasi Covid-19 di desa yang merupakan tingkat paling.

"Kita akan monitoring satgas jogo tonggo memang Satgas Jogo Tonggo ini sudah sesuai apa belum. Serta apa yang menjadi kebutuhan mereka akan kita evaluasi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara Mudrikatun, Kamis (9/7).

Monitoring satgas jogo tonggo ini guna meningkatkan peran satgas. Baik di tingkat kecamatan, desa, dan RT/ RW. Hal ini untuk pencegahan corona semakin meluas.  

Menurut Mudrikatun, jika hanya megandalkan tenaga kesehatan (nakes) di lapangan, ini akan cukup berat.

Apalagi saat ini banyak nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19. Untuk itu Satgas Desa harus mengambil peran untuk memetakan, mengawasi, dan melaksanakan protokol kesehatan di lingkungan masing-masing.

Alhasil, monitoring satgas jogo tonggo ini penting dilakukan.

Mau tidak mau tenaga kita berkurang, sedangkan kasus ini semakin bertambah dan membutuhkan perhatian lebih,” katanya.

Dijelaskan, kasus epidemologi atau pola penyebaran penyakit Covid-19 ini berlangsung lama. Apalagi saat ini untuk merubah pola pikir dan perilaku masyarakat masih sulit. Sering dijumpai mereka yang tidak mengenakan masker di tempat umum, serta tidak menjaga dan melaksanakan protokol kesehatan.

Kami menggeser strategi kuratif, kepada upaya preventif dan promotif. Disini peran Jogo Tonggo sangat penting. Untuk memberikan edukasi massif kepada masyarakat,” katanya.    

Dalam monitoring satgas jogo tonggo ini juga untuk mengetahui sejuah mana keterlibatan masyarakat. Baik Ketua RT/RW, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan pemuda.

Hal ini sebagaimana dilakukan Satgas Jogo Tonggo RW 10 Desa Wedelan Kecamatan Bangsri. Bersama dengan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) bergerak melakukan dekontaminasi (penyemprotan) disinfektan di sejumlah failitas umum.

Ketua Satgas Jogo Tonggo RW 10 Desa Wedelan, Bangsri Sumono mengatakan, Satgas Jogo Tonggo ini sudah terbentuk beberapa waktu lalu. Saat ini sedang merumuskan beberapa program yang akan dilaksanakan. Termasuk sudah melakukan penyemprotan rumah warga, Poskamling, Masjid, Musala, dan temput kumpul lainnya.

Kita akan lakukan rutin penyemprotan,” kata dia.

Selain itu juga tengah dilaksanakan penguatan bidang ekonomi, seperti memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

 Ada warga kami yang melakukan karantina mandiri, ini kita bantu kebutuhan mereka. Jangan sampai merasa terkucilkan,” imbuhnya. [hen]

Komentar Pembaca
Kerja Bakti Polisi Membersihkan Masjid Agung Demak
Program Sehati Pertamina

Program Sehati Pertamina

KAMIS, 23 JULI 2020 , 14:27:00

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

SELASA, 28 JULI 2020 , 15:37:00