Hilang Pendapatan Rp316 Miliar, Seniman Pati Geruduk Kantor Bupati

Peristiwa  KAMIS, 09 JULI 2020 , 11:30:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD OLIEZ

Hilang Pendapatan Rp316 Miliar, Seniman Pati Geruduk Kantor Bupati
RMOLJateng. Ratusan seniman Pati yang tergabung dalam Perhimpunan Penggiat Kesenian Kabupaten Pati menggelar aksi damai di depan Kantor Bupati Pati, Kamis (9/7). Mereka meminta pelonggaran izin pentas. Sebab sudah lebih dari tiga bulan tidak ada pemasukan akibat pandemik covid-19.

"Potensi pendapatan seniman Pati yang hilang sejak Maret 2020 kurang lebih Rp316 miliar," kata Koordinator Perhimpunan Penggiat Kesenian Kabupaten Pati Ajisaka di sela aksi.

Ajisaka menerangkan, pemasukan ini dihitung dari total seniman Pati yang mencapai sekitar 3000 orang. seniman Pati ini terdiri dari 160 kelompok musik dangdut, 15 ketoprak, dalang, wayang dan karawitan 25 kelompok. Lalu tayub 10 kelompok, barongan 10 kelompok, serta sound sistem 160 kelompok.

"Secara keseluruhan, dalam satu hari rata-rata seniman Pati kehilangan Rp3,5 miliar. Padahal di masa tiga bulan (Syawal, Apit, Besar) kemarin merupakan masa ramai tanggapan bagi kami," jelasnya.

Seniman Pati sepenuhnya menyadari adanya potensi penyebaran covid-19 jika pentas dilakukan. Namun, seniman Pati  menuntut adanya relaksasi atau pelonggaran izin pentas untuk kategori-kategori tertentu. Tentunya, dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

"Pertimbangan kami sederhana, Kabupaten Pati termasuk kategori beresiko rendah. Kedua ada banyak wilayah desa atau kelurahan yang di dalamnya tidak ada PDP, positif covid-19 maupun OTG. Dinas Kesehatan pasti punya data ini. Oleh karena itu kami minta pelonggaran untuk wilayah yang berkategori demikian," tegas Ajisaka. [dit]

Komentar Pembaca
Kerja Bakti Polisi Membersihkan Masjid Agung Demak
Program Sehati Pertamina

Program Sehati Pertamina

KAMIS, 23 JULI 2020 , 14:27:00

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

SELASA, 28 JULI 2020 , 15:37:00