Bawaslu : Pilkada Sukoharjo Paling Rawan Se Jateng

Politik  SELASA, 07 JULI 2020 , 15:43:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

Bawaslu : Pilkada Sukoharjo Paling Rawan Se Jateng
RMOLJateng. Berdasarkan Indeks Kerawananan Pilkada (IKP) 2020 yang dirilis Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Pilkada Sukoharjo menempati urutan tertinggi se Jawa Tengah.

Diantara 21 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang menggelar Pilkada, skor IKP Sukoharjo 231,90, tertinggi dari total dimensi atau indikator. Disusul Kabupaten Pemalang 230,82, dan ketiga Kabupaten Pekalongan 228,29.

"Ada empat dimensi yang menjadi indikator yakni politik, sosial, infrastruktur dan pandemi, IKP Sukoharjo paling tinggi se-Jateng dengan skor 231,90," kata Bambang Muryanto, Ketua Bawaslu Sukoharjo, Selasa (7/7/2020).
Bambang menjelaskan, IKP disusun sebagai alat untuk mengetahui dan mengidentifikasi ciri, karakteristik dan kategori kerawanan. Selain itu IKP juga sebagai alat pemetaan, pengukuran potensi, prediksi dan deteksi dini serta pemetaan kerawanan saat terjadinya pandemi virus Corona ini.

Menyikapi kondisi ini, Bambang mengaku, ada sejumlah rekomendasi terkait tingginya IKP Sukoharjo, antara lain memastikan penyelenggara, peserta, pendukung dan pemilih menerapkan protokol kesehatan dalam pemutakhiran data pemilih, koordinasi dengan para pihak dalam keterbukaan informasi terkait penyelenggaraan dan perkembangan kondisi pandemi, memastikan dukungan anggaran penyediaan APD.

Hari ini, Selasa (7/7/2020) juga digelar koordinasi Muspida kabupaten Sukoharjo untuk mempersiapkan Pilkada. Termasuk upaya menyikapi tingginya IKP di Kabupaten Sukoharjo.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan koordinasi persiapan pilkada akan dilakukan sedetail mungkin.

"Kami pastikan pelaksanaan Pilkada Sukoharjo aman. Semua petugas TPS menggunakan APD kecuali saksi. Anggaran Pilkada juga sudah diserahkan, Pemkab sudah tidak punya hutang dana Pilkada," tandas Wardoyo. [jie]



Komentar Pembaca
Kerja Bakti Polisi Membersihkan Masjid Agung Demak
Program Sehati Pertamina

Program Sehati Pertamina

KAMIS, 23 JULI 2020 , 14:27:00

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

SELASA, 28 JULI 2020 , 15:37:00