Pelaksanaan UTBK UNS Sempat Terhenti Karena Server Terputus

Pendidikan  MINGGU, 05 JULI 2020 , 15:25:00 WIB | LAPORAN: DIAN TANTI BURHANI

Pelaksanaan UTBK UNS Sempat Terhenti Karena Server Terputus
RMOLJateng. Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang berlangsung di  Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sempat terhenti karena server di Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung, Jabar ada sedikit kendala. Namun kendala teknis tersebut langsung diatasi.

"Ya memang tadi sempat terputus pada pukul 10.20 WIB. Ada sekitar 20 menit lah. Dan kepada panitia kami sudah minta penambahan waktu 20 menit bagi peserta UTBK UNS untuk melaksanakan ujian," papar Rektor UNS Jamal Wiwoho kepada awak media, Minggu (5/7).

Menurutnya pelaksanaan UTBK UNS yang  gelar serentak di 74 PTN se Indonesia ditengah pandemi Covid-19 ini tetap berpatokan pada protokol kesehatan. 

Seluruh lokasi ujian UTBK UNS dilengkapi dengan thermogun, hand sanitizer, wastafel, dan ruang transit peserta yang ditata sesuai protokol kesehatan.

"Ruang UTBK UNS diatur sedemikian rupa untuk menjaga jarak antar peserta minimal 1,5 meter arah kanan-kiri dan depan-belakang. Ini dilakukan supaya tidak menjadikan cluster baru Covid-19,” ungkap Jamal.

Sementara itu bagi peserta UTBK UNS dari Solo Raya tidak wajib menyertakan surat keterangan rapid test. Namun untuk peserta dari luar Solo Raya,  wajib menyertakan surat keterangan sehat dari hasil rapid test.

"Ada salah satu peserta dari Bekasi yang mengikuti UTBK UNS. Karena dia membawa surat keterangan  sehat dari hasil rapid tes ya kita ijinkan masuk," jelas Jamal.

Tahun ini lanjut Jamal, jumlah total peserta yang terdaftar di Pusat UTBK UNS sebanyak 23.425 orang. Mereka yerbagi dari eks Karesidenan Surakarta (Solo Raya) 16.658 orang (71%), dan dari luar eks Karesidenan Surakarta sebanyak  6.767 (29%)

"Sementara jumlah total sesi UTBK di UNS adalah sebanyak 38 sesi yang terdiri dari 20 sesi pada Gelombang I dan 18 sesi pada Gelombang II," lanjutnya.

Selain itu UTBK UNS kali ini juga diikuti tiga orang peserta berkebutuhan khusus, tuna netra.  Dua orang peserta akan melaksanakan ujian pada Selasa (7 /7/2020), dan satu orang akan melaksanakan ujian pada Selasa, (14/2020).

"Mereka akan difasilitasi dengan software khusus, dan pelaksanaannya dibantu oleh pendamping," pungkas Rektor. [jie]









Komentar Pembaca
Kerja Bakti Polisi Membersihkan Masjid Agung Demak
Program Sehati Pertamina

Program Sehati Pertamina

KAMIS, 23 JULI 2020 , 14:27:00

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

SELASA, 28 JULI 2020 , 15:37:00