Istri Mantan Walikota Salatiga Tak Gengsi Jual Salad

Ekonomi  JUM'AT, 03 JULI 2020 , 19:52:00 WIB | LAPORAN: ERNA YUNUS B

Istri Mantan Walikota Salatiga Tak Gengsi Jual Salad
RMOLJateng. Rosa Darwanti Manoppo, istri mantan Walikota Salatiga selama dua periode, tak gengsi menjual makanan yakni dessert boks.

Di masa transisi pandemi Covid-19, Rosa, begitu dia disapa menjual dessert boks racikan tangannya sendiri. Dia menjual 'dessert boks' berupa salad yang diracik sendiri di dapur rumahnya di kawasan Perumahan Taman Mutiara, RT 01 RW 10, Kelurahan Tingkir Tengah, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga.

Perempuan paruh baya yang kini masih disibukkan sebagai dosen di sebuah perguruan tinggi swasta di Salatiga itu, mempopulerkan nama gadisnya sebagai label. Adalah 'Rose's Kitchen' nama usaha barunya. 

"Banyak sih yang bilang, 'kok' istri mantan Wali Kota jualan online. Tapi kenapa harus gengsi. Disamping saya hobi masak, sekaligus mengisi kesibukan saya di rumah. Juga ada tambahan income, maklum pensiunan," tandas ibu tiga anak, dengan satu cucu itu.

Kegemarannya berkutat di dapur dan memasak, diakuinya membawa berkah tersendiri. Alhasil, upaya menjadikannya berselancar dengan ide-ide kreatif mengembang kegemarannya memasak berbuah manis.

Tak tanggung-tanggung, sejak berjalan dua bulan usaha 'dessert boks' ia jalani penghasilan yang didapat diakuinya sangat lumayan. Untuk penjualan dia mengakui memanfaatkan jaringan relasi mulai dari sesama pengajar, teman kantor, sosial media, tetangga hingga rekan di gereja. Dia pun memanfaatkan berbelanja online untuk memasarkan produk.
 

"Lumayan hasilnya, lumayan iplik juga karena laris. Pinter-pinter mengatur waktu saja, 'ngajarnya kan' online malam, pagi-pagi saya sudah bangun. Biasa bangun pagi jam 02.00 WIB berdoa, jam 04.00 WIB baru ke dapur, siang momong cucu, sore ibadah," ujar Rosa, yang kini menginjak usia 64 tahun.

Harga jual dipatok mulai berat netto 200 ml seharga Rp5 ribu, 400 ml seharga Rp13 ribu serta 500 ml seharga Rp18 ribu. Dalam sehari Rosa mampu menjual sebanyak 50-60 dessert boks dalam sehari.

Rosa berharap, semua perempuan yang memiliki keahlian, hobi dapat menyalurkan bakat serta tidak hanya bertopang dagu dan meratapi kondisi saat ini dengan kesedihan.

"Lakukan sebisa mungkin, selama ada kemauan pasti ada jalan. Yang penting halal. Kalau istilah orang uang receh gak papa tapi halal," ucap Rosa sembari tersenyum.

Selain dessert boks salad, Rosa juga menyelipkan menjual secara online masakan khas Manado, termasuk sambal Roa. [hen]



Komentar Pembaca
Kerja Bakti Polisi Membersihkan Masjid Agung Demak
Program Sehati Pertamina

Program Sehati Pertamina

KAMIS, 23 JULI 2020 , 14:27:00

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

SELASA, 28 JULI 2020 , 15:37:00