MUI Jepara Minta Warga Patuhi Protap Pemakaman Jenazah Covid-19

Nusantara  RABU, 01 JULI 2020 , 11:01:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD OLIEZ

MUI Jepara Minta Warga Patuhi Protap Pemakaman Jenazah Covid-19
RMOLJateng. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Jepara meminta warga mendukung upaya pemerintah, dalam hal pencegahan penyebaran Covid-19.

Termasuk menerima pengurusan jenazah pasien dengan prosedur tetap (protap) yang sudah ditentukan. Pasalnya, ada sejumlah warga yang menolak pemakaman dengan cara ini.

Kalau pemerintah sudah melakukan upaya bagi saudara-saudara kita yang terpapar dan meninggal, dimakamkan dengan cara-cara menurut protokol kesehatan, marilah kita ikuti. Kita yakin itulah yang terbaik,” kata Ketua MUI Jepara, KH Mashudi, Rabu (1/7).

Ia menyampaikan, pemulasaraan dan pemakaman yang tidak mengikuti protap, berpotensi menyebabkan penularan terhadap warga lain jika hasil uji laboratorium menyatakan positif Covid-19.

Sehingga pengurusan jenazah pasien Covid-19, membutuhkan prosedur khusus untuk mencegah penularan virus.

Kita percayakan kepada pemerintah. Kita mendoakan semoga saudara-saudara kita yang terkena dampak Covid-19 dan akhirnya wafat, mudah-mudahan segala amal ibadahnya diterima oleh Allah,” ujar Mashudi sekaligus Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Jepara.

Saat ditanya apakah protap pengurusan jenazah pasien Covid-19 sah dalam Islam, Mashudi menjawab, bahwa kondisi saat ini termasuk keadaan darurat maka diperbolehkan.

"Karena darurat sehingga sah-sah saja,” tandasnya. [jie]





Komentar Pembaca
Kerja Bakti Polisi Membersihkan Masjid Agung Demak
Program Sehati Pertamina

Program Sehati Pertamina

KAMIS, 23 JULI 2020 , 14:27:00

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

SELASA, 28 JULI 2020 , 15:37:00