Warga Di Rembang Keluhkan Jalan Desa Rusak

Daerah  SENIN, 29 JUNI 2020 , 18:37:00 WIB | LAPORAN: DARYONO

Warga Di Rembang Keluhkan Jalan Desa Rusak
RMOLJateng. Warga Desa Sekarsari, Kecamatan Sumber, Rembang, mengeluhkan kondisi jalan di desa rusak parah.

Salah satu pemicunya adalah sering dilalui truk-truk besar pengangkut gas dari kilang Dusun Padas Desa Jatihadi, Sumber.

Kepala Desa Sekarsari, Kusaini, Senin (29/6), atas kondisi jalan tersebut warga membuat tulisan di pinggir jalan, sebagai bentuk kekesalan, melihat jalan rusak berat.

Ia mencontohkan, di jalan dekat SMA N I Sumber. Terdapat titik jalan ambles, yang sudah mengakibatkan korban kecelakaan. Terlebih pada malam hari kondisinya gelap, sehingga rawan, terutama bagi pengendara sepeda motor.

Kusaini mendesak Pemkab Rembang maupun investor gas turun tangan.

Dekat sama SMA N I Sumber itu, hancur Pak, nggak layak dilewati. Kasihan mobil-mobil kecil maupun pengendara motor. Mintanya warga ya segera diperbaiki Pak,” kata Kusaini.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Rembang, Sugiharto membenarkan ruas Dresi Kulon" Sumber, termasuk jalan kelas III yang mestinya dilewati kendaraan maksimal bobot 8 ton.

Tapi kendaraan pengangkut gas yang lewat, setiap unit bisa mencapai bobot 60 ton.

Hal itu memang sudah diprediksi sejak awal. Seiring berjalannya waktu, sejumlah titik jalan rusak parah, maka pihaknya membuat rancangan surat perjanjian dengan investor PT Bahtera Andalan Gas.

Ada dua hal yang harus ditanggung oleh investor, yakni bahu jalan yang kurang padat akibat bekas penggalian pipa, harus ditata ulang.

Kemudian jalan rusak di jalur perlintasan truk gas diperbaiki.

Jadi draft perjanjian sudah jadi, masing-masing mempelajari, dalam waktu dekat ini akan diteken. Prinsipnya, kalau ada jalan rusak di jalur truk gas, yang bertanggung jawab pihak investor. Setiap perbaikan, mereka lapor ke kita, biar kami juga mengirimkan tenaga untuk mengawasi. Perbaikan harus sesuai standar PU,” terang Sugiharto.

Dia menambahkan, ruas jalan antara Dresi Kulon sampai area kilang gas, akan diusulkan ke pemerintah pusat menjadi jalan nasional, supaya penanganannya lebih baik.

Soal nanti disetujui atau tidak, yang penting kita usulkan dulu. Pertimbangannya di situ kan ada proyek strategis nasional (PSN),” pungkasnya. [hen]

Komentar Pembaca
Fasilitas Umum Tandon Air

Fasilitas Umum Tandon Air

KAMIS, 04 JUNI 2020 , 16:42:00

Perjalanan Kereta Barang Dalam Kondisi Pandemi Covid-19
Salat Jumat Jelang New Normal Di Semarang

Salat Jumat Jelang New Normal Di Semarang

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:00:00