Warga Rembang Gelar Sedekah Bumi Secara Sederhana

Budaya  MINGGU, 28 JUNI 2020 , 17:35:00 WIB | LAPORAN: DARYONO

Warga Rembang Gelar Sedekah Bumi Secara Sederhana
RMOLJateng. Warga Desa Tegaldowo, Kecamatan Gunem dan Desa Waru, Rembang Kota, Minggu siang (28/6), menggelar acara ritual tradisi sedekah bumi secara sederhana.

Di Desa Waru, ratusan warga memanjatkan puji syukur kepada Allah di mushola dan masjid dipimpin oleh tokoh agama setempat. Di lingkungan RW 1, ritual digelar komplek punden Goak.

Acara ritual tersebut digelar sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah atas hasil panen pertanian yang cukup baik. Setelah berdoa, warga yang membawa nasi tumpeng atau ambeng makan bersama di lokasi acara.

Sedangkan di Desa Tegaldowo kenduren sedekah bumi dilaksanakan di tiga titik. Yakni di komplek tiga sumur umum yang selama ini dikeramatkan warga.

Mbah Rusman dan Kiai Wahab, dua tokoh agama di Waru kepada RMOLJateng Minggu siang mengutarakan, acara sedekah bumi tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Biasanya sedekah bumi penonjolan acaranya adalah hiburan berupa pentas seni ketoprak, turnamen bola volley dan pengajian di masjid. Karena saat ini sedang terjadi Pandemi Covid-19, sedekah bumi di laksanakan secara sederhana dengan menonjolkan dia bersama," ungkap Rusman dan Kiai Wahab.

Hal senada juga diungkapkan KadeS Tegaldowo Kundari. Ia menyatakan, ditengah wabah virus Corona, maka.

Sedekah bumi didesanya di laksanakan sangat sederhana. Yakni mengirim doa bersama di lokasi yang selama ini dikeramatkan warga sejak ratusan tahun lalu. [jie]









Komentar Pembaca
Fasilitas Umum Tandon Air

Fasilitas Umum Tandon Air

KAMIS, 04 JUNI 2020 , 16:42:00

Perjalanan Kereta Barang Dalam Kondisi Pandemi Covid-19
Salat Jumat Jelang New Normal Di Semarang

Salat Jumat Jelang New Normal Di Semarang

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:00:00