Mortir Aktif Temuan Warga Diledakan Tim Jihandak

Peristiwa  SABTU, 27 JUNI 2020 , 21:48:00 WIB | LAPORAN: PRAYITNO

Mortir Aktif Temuan Warga Diledakan Tim Jihandak
RMOLJateng. Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) Gegana Subden Composite Unit 3 Banyumas meledakkan mortir yang ditemukan warga di bantaran sungai Klawing wilayah Kelurahan Bancar, Kecamatan/Kabupaten Purbalingga. Sebelumnya, mortir ditemukan warga setempat yang berada di sungai.
 
Kabag Operasional Polres Purbalingga AKP Pujiono mengatakan, mortir pertama kali diketahui oleh saksi bernama Ridwan (49) dan Awal Dwi Priyadi (33). Keduanya warga Kelurahan Bancar yang saat itu sedang berada di Sungai Klawing. 
 
Saat itu, saksi melihat seorang pemancing yang tidak diketahui identitasnya membawa sebuah benda seperti besi yang berkarat. Keduanya kemudian menyampaikan bahwa itu adalah bom,” kata AKP Pujiono, Sabtu (27/6).
 
Benda tersebut kemudian diletakkan di pinggir sungai oleh pemancing tersebut. Sedangkan saksi kemudian melaporkan temuan mortir tersebut kepada warga lain yang diteruskan ke Polsek Purbalingga.
 
Petugas dari Polsek Purbalingga kemudian datang dan mengamankan lokasi dengan memasang garis polisi. Kemudian mendatangkan Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) dari Gegana Subden Composite Unit 3 Banyumas untuk penanganan lebih lanjut.
 
Berdasar hasil pemeriksaan tim Gegana diketahui enda temuan tersebut adalah mortir aktif berkarat dengan panjang 35 cm dan diameter 9 cm. Diduga mortir tersebut merupakan peninggalan jaman perang.
 
Meski sudah berkarat namun mortirnya masih aktif, untuk keamanan maka dilakukan pemusnahan atau disposal oleh tim Gegana,” katanya. [jie]





Komentar Pembaca
Fasilitas Umum Tandon Air

Fasilitas Umum Tandon Air

KAMIS, 04 JUNI 2020 , 16:42:00

Perjalanan Kereta Barang Dalam Kondisi Pandemi Covid-19
Salat Jumat Jelang New Normal Di Semarang

Salat Jumat Jelang New Normal Di Semarang

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:00:00