Sedekah Bumi Di Tengah Pandemi Digelar Sederhana

Budaya  KAMIS, 25 JUNI 2020 , 12:57:00 WIB | LAPORAN: M PUTRA ANANDA

Sedekah Bumi Di Tengah Pandemi Digelar Sederhana
RMOLJateng. Meski masih dalam masa pandemi Covid -19, sejumlah Desa di Kabupaten Blora tetap menggelar kegiatan sedekah bumi. Namun, kegiatan hanya digelar sederhana dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Salah satu desa yang tetap menggelar sedekah bumi adalah, Desa Kamolan. Kegiatan sedekah bumi di desa Kamolan digelar hari ini, Kamis (25/6).

Kepala desa (Kades) Kamolan, Masjianto mengatakan, kegiatan sedekah bumi tahun ini tetap digelar namun hanya sederhana. Kegiatan syukuran dipusatkan di sendang desa dengan hanya melibatkan warga sekitar.

"Tetap kita gelar mas. Namun sederhana. Warga juga dibatasi hanya yang sekitar sendang yang gelar syukuran," ungkap Masjianto.

Masjianto menerangkan, untuk hiburan sementara ditiadakan karena dikhawatirkan akan mendatangkan kerumunan warga. Desa Kamolan sebelumnya setiap tahun menggelar tradisi sedekah bumi dengan hiburan wayang.

"Untuk hiburannya kita tiadakan mas. Jadi hanya kita gelar syukuran saja di sendang," jelasnya.

Selain Desa Kamolan, Desa Prantaan Kecamatan Bogorejo juga  tetap menggelar tradisi sedekah bumi. Perangkat Desa setempat, Lasmo menuturkan, Kegiatan sedekah bumi tetap digelar seperti tahun biasanya. Namun untuk tahun ini, setiap warga yang datang wajib menggunakan masker.

"Tetap ada mas. Nanti pusatnya di sendang desa. Protokol kesehatannya kita wajibkan semua warga untuk memakai masker. Untuk hiburan tayub hanya dikepyakan (formalitas) saja sebentar, sebagai syarat saja," katanya. [jie]

Komentar Pembaca
Fasilitas Umum Tandon Air

Fasilitas Umum Tandon Air

KAMIS, 04 JUNI 2020 , 16:42:00

Perjalanan Kereta Barang Dalam Kondisi Pandemi Covid-19
Salat Jumat Jelang New Normal Di Semarang

Salat Jumat Jelang New Normal Di Semarang

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:00:00