Pasar Penampungan Ngabul Jepara Ditutup Sementara

Ekonomi  JUM'AT, 19 JUNI 2020 , 19:29:00 WIB | LAPORAN:

Pasar Penampungan Ngabul Jepara Ditutup Sementara
RMOLJateng. Pasar Penampungan Ngabul, Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara resmi ditutup mulai Jumat (19/6) hari ini.

Penutupan ini akan dilakukan sampai tujuh hari ke depan. Hal ini sebagai upaya pencegahan penularan virus corona, akibat adanya delapan warga di pasar itu yang reaktif rapid test.

"Selama penutupan ini tidak ada aktivitas jual beli, karena pasar akan dilakukan penataan jarak aman pedagang," kata Camat Tahunan Eko Kasiono.

Dijelaskan, penutupan pasar sementara ini, berdasarkan kesepakatan bersama Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Tahunan, Kepala Puskesmas, petinggi desa, ketua relawan Satgas Jogo Tonggo, relawan desa, BPD dan paguyuban pasar penampungan.

Selain penutupan, juga akan dilakukan penataan lapak pedagang. Termasuk diberlakukan pengetatan protokol kesehatan bagi para pedagang maupun pembeli.

"Adanya penutupan ini akan diikuti penyampaian informasi kepada pedagang dan pengunjung pasar," jelasnya.

Selain itu, paguyuban akan menyediakan tempat cuci tangan bagi mereka yang hendak masuk dan keluar pasar. Tidak hanya itu, sesuai dengan protokol kesehatan, pedagang dan pembeli wajib memakai masker.

"Dengan demikian diharapkan baik pedagang maupun pembeli dapat saling menjaga demi keberlangsungan kesehatan mereka," harap Eko.

Terpisah, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dr Fakhrudin mengatakan, saat ini banyak muncul kasus covid yang berasal dari kluster pedagang. Mulai dari Pasar Karangaji, Kedungmalang, hingga Jepara kota.

Dari pemeriksaan agresif masif tanggal 30 Mei dan 14 Juni di Pasar penampungan sementara Ngabul, ditemukan sejumlah pedagang yang reaktif Rapid Diagnostic Test (RDT). Sehingga dilanjutkan pemeriksaan swab.

"Ada delapan pedagang yang reaktif dari pemeriksaan dua kali tersebut tersebut," katanya. [hen] 

Komentar Pembaca
Pra Rekontruksi Perampokan di Kawasan Barito Semarang
Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 08:37:00

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 13:48:00