Sambut New Normal, Biro Wisata Gelar Simulasi Piknik

Pariwisata  RABU, 17 JUNI 2020 , 18:51:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

Sambut New Normal, Biro Wisata Gelar Simulasi Piknik
RMOLJateng. Selama empat bulan pegiat wisata di seluruh Indonesia terpuruk. Wacana new normal jadi angin segar, dengan mulai dibukanya sejumlah destinasi wisata.

Komunitas pelaku wisata Soloraya, yang terdiri dari pemilik rumah makan, pemilik toko oleh oleh, biro wisata dan pemilik bis wisata, langsung menyambut dengan konsolidasi dan mengadakan simulasi piknik, Rabu (17/6/2020).

"Ada 80 an anggota komunitas pelaku wisata yang tergabung dalam Plat AD. Hari ini kita mulai eksplor sejumlah lokasi wisata. Terbagi beberapa kelompok, kalau kami ke pantai Parangtritis dan toko oleh oleh di Jogja," kata Hendri, anggota Plat AD, Rabu (17/6/2020).

Simulasi 'piknik' ini bertujuan untuk melihat kondisi sejumlah lokasi wisata, rumah makan, termasuk memastikan kebijakan daerah mendukung dibukanya kembali sektor pariwisata.

Meski sudah dibuka, pantai Parangtritis tetap melakukan aturan protokol kesehatan, yakni seluruh pengunjung wajib pakai masker, cek suhu termogun dan Physical Distancing.

Bahkan seluruh warung makan dan sejumlah titik wajib disediakan tempat cuci tangan.

Disampaikan Macrus Chumaidi, GM bus pariwisata Pandawa 87, selama empat bulan ini usaha bis pariwisata miliknya tidak ada kegiatan.

"Mulai Maret ada sekira 1000 perjalanan yang sudah booking dicancel, kami tetap semangat dan berharap new normal ini dunia wisata juga kembali normal," tandas Macrus.

Hal senada disampaikan Anik Wiyani, dari biro wisata Lentera, selama pandemi Covid19, ia dan karyawan nya terpaksa banting stir membuat pesanan masker.

"Alhamdulilah kami tetap eksis, meski kemarin sempat usaha sementara tapi tetap semangat dunia pariwisata kembali bergerak dan maju kembali," tegasnya. [jie]









Komentar Pembaca
Protokol Kesehatan

Protokol Kesehatan

SENIN, 10 AGUSTUS 2020 , 11:43:00

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

SELASA, 28 JULI 2020 , 15:37:00

Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00