Akhirnya BST Turun, Sasar 87.992 Ribu KK Di Jepara

Pemerintahan  KAMIS, 04 JUNI 2020 , 15:29:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD OLIEZ

Akhirnya BST Turun, Sasar 87.992 Ribu KK Di Jepara
RMOLJateng. Sebanyak 87.992 kepala keluarga (KK) di Kabupaten Jepara akan menerima bantuan sosial tunai (BST) dari alokasi APBD kabupaten. Penyaluran ini mulai dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara pada Kamis (4/6) siang secara simbolis di Balai Desa Daren, Kecamatan Nalumsari.

"Hari ini dimulai dari Daren, kita pastikan bansos kabupaten bagi warga yang terdampak pandemi Covid-19, dapat segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata Bupati Jepara Dian Kristiandi.

BST disalurkan melalui transfer ke rekening masing-masing keluarga penerima manfaat (KPM). Bantuan ini merupakan alokasi  untuk Mei dan Juni senilai Rp400 ribu.

Ia merinci, besaran BST APBD kabupaten adalah Rp200 ribu per bulan, terhitung sejak Mei hingga Juli. Selanjutnya pada Agustus hingga Oktober, nominalnya Rp400 ribu per bulan.

Jadi total penerimaannya sama dengan bansos sumber lain, jumlahnya Rp1,8 juta. Rp200 ribu, Rp200 ribu, Rp200 ribu. Rp400 ribu, Rp400 ribu, Rp400 ribu,” bebernya.

Total alokasi BST kabupaten untuk warga Jepara sebesar Rp137 miliar. Dengan uraian data tahap satu APBD Jepara, data provinsi di lanjutkan kabupaten, dan data tahap dua APBD Jepara.

Untuk Desa Daren sendiri, Kabid Peguatan Lembaga Masyarakat dan Desa di Dinsospermasdes Jepara, Ferry Yudha Adi Darma menuturkan, jumlah KPM BST kabupaten 114 kartu keluarga (KK).

Dalam penyerahan pada siang ini, Pemkab Jepara langsung memberikan untuk dua bulan, yakni Mei dan Juni," jelasnya.[dit]



Komentar Pembaca