Pengrajin Gelang Haji Di Jepara Tetap Berproduksi

Daerah  RABU, 03 JUNI 2020 , 13:53:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD OLIEZ

Pengrajin Gelang Haji Di Jepara Tetap Berproduksi
RMOLJateng. Pemerintah Pusat melalui Kementrian Agama telah resmi membatalkan pemberangkatan ibadah haji 2020 akibat dampak pandemik Covid-19.

Meski demikian, pengrajin gelang haji di Kabupaten Jepara tetap berproduksi seperti tahun-tahun sebelumnya.

Tetap produksi gelang haji, tapi ada perubahan. Tulisan tahunnya dikosongkan,” kata Andi Subandi, pengrajin gelang haji dari CV Alkarimah di Desa Bakalan, Kecamatan Kalinyataman, Rabu (3/6).

Ia menerangkan, tahun sebelumnya gelang haji yang dibuat sudah tertera tulisan tahun pemberangkatan.

Khusus 2020 ini, dikosongkan dan akan diisi saat di embarkasi nanti. Ada petugas khusus yang akan mengisi tulisan tahun pada gelang haji ini.

Tugas di sana nanti mencetak nama nomor paspor, nomor kloter, dan mahtab,” paparnya.

Menurutnya, pengosongan tulisan pada gelang haji memang sebagai langkah antisipasi. Sebab, jika tahun ini jemaah batal berangkat maka gelang yang dibuat dari bahan stainlis itu tetap bisa digunakan tahun selanjutnya.

Tujuannya menangani untuk antisipasi Covid-19 ini. Biar kalau ada pemberitahuan penundaan ini bisa dipakai tahun depan,” jelasnya.

Untuk tahun ini pihaknya mencetak 221 ribu gelang. Rinciannya sebanyak 203,4 ribu gelang untuk jemaah reguler dan 17,6 ribu gelang untuk jemaah haji plus. Gelang ini diproduksi oleh 120 pekerja.

Kami libatkan warga sekitar. Ada yang mengambil borongan dan harian. Kebetulan kami selalu membuat setiap tahun sejak tahun 2009,” pungkasnya. [hen]

Komentar Pembaca
Fasilitas Umum Tandon Air

Fasilitas Umum Tandon Air

KAMIS, 04 JUNI 2020 , 16:42:00

Perjalanan Kereta Barang Dalam Kondisi Pandemi Covid-19
Salat Jumat Jelang New Normal Di Semarang

Salat Jumat Jelang New Normal Di Semarang

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:00:00