Dewan Desak Penanganan Covid-19 Tak Hanya Fokus Di Hulu

Daerah  SENIN, 01 JUNI 2020 , 20:37:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD OLIEZ

Dewan Desak Penanganan Covid-19 Tak Hanya Fokus Di Hulu
RMOLJateng. Kalangan DPRD Kudus mendesak agar penanganan Covid-19 yang dilakukan pemkab tak hanya fokus di bagian hulu.

Namun juga memperhatikan bagian hilir agar hasilnya maksimal.

Ketua DPRD Kudus Masan mengatakan berdasar pantauan, pemkab cenderung kurang memperhatikan masalah-masalah di bagian hilir terkait penanganan Covid-19.

Ia mencontohkan soal masih rendahnya tingkat kesadaran memakai masker di pasar tradisional.

Para pedagang dan pembeli cenderung cuek untuk memakai masker yang merupakan salah satu sarana agar tidak tertular Covid-19.

Jangan hanya fokus pada dinas kesehatan saja, kalau pencegahan di hilir tidak diperhatikan maka kita sulit memutus mata rantai penyebaran virus corona,” kata Masan, Senin (1/6).

Melalui progam Jogo Tonggo, Pemkab Kudus melakukan pengawasan jam malam di area pinggiran dan desa yang berlaku mulai puku 21.00-06.00 WIB.

Namun, dalam penerapannya, kepatuhan jam malam di area pinggiran masih 30%. Sementara untuk tingkat kepatuhan di area kota, mencapai 70%.

Terkait hal ini, Masan, meminta pemkab bisa memberikan perhatian lebih ke relawan Covid-19 yang ada di desa-desa. Sebab banyak relawan desa yang bekerja tanpa bayaran hingga tanpa biaya operasional.

Masan mengakui, memang sebagian desa ada yang sudah memperhatikan para relawannya. Hanya, saja perhatian itu masih belum maksimal.

"Semisal terkait operasional para relawan. Mereka harus diperhatikan. Pemkab dan jajaran harus mengawal sosialisasi ke pemerintah desa agar memperhatikan hal seperti ini," tandasnya. [hen]

Komentar Pembaca
Fasilitas Umum Tandon Air

Fasilitas Umum Tandon Air

KAMIS, 04 JUNI 2020 , 16:42:00

Perjalanan Kereta Barang Dalam Kondisi Pandemi Covid-19
Salat Jumat Jelang New Normal Di Semarang

Salat Jumat Jelang New Normal Di Semarang

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:00:00