DPR Dorong Pekerja Migran Terdampak Covid-19 Ikut Program Kartu Prakerja

Politik  MINGGU, 31 MEI 2020 , 17:37:00 WIB

DPR Dorong Pekerja Migran Terdampak Covid-19 Ikut Program Kartu Prakerja

Nurul Arifin/Net

[rmol]  Ada puluhan ribu pekerja migran Indonesia yang terpaksa pulang ke kampung halaman atau gagal berangkat ke negara tujuan, seiring pandemi Covid-19 global yang belum juga usai.

Mengacu pada data Kementerian Ketenagakerjaan, jumlah pekerja migran Indonesia yang pulang hingga akhir April 2020 sebanyak 88.759 orang.  Sementara pada bulan Mei ini, diprediksi jumlah yang akan pulang ke Indonesia sebanyak 16.812 orang.

Mereka berasal dari Malaysia, Hongkong, Singapura, dan negara lainnya.

Disamping itu, sebanyak 34.644 calon pekerja migran tidak bisa berangkat karena kebijakan menunda sementara penempatan tenaga kerja di luar negeri. Ini tentu menambah jumlah penganguran di Indonesia yang terus meningkat.

Anggota Komisi I DPR RI, Nurul Arifin menyarankan agar para pekerja migran tersebut mendaftarkan diri dalam program Kartu Prakerja.

Kita dorong pekerja migran ini untuk ikut mendaftar program kartu prakerja. Mereka adalah warga negara Indonesia yang juga punya hak untuk memanfaatkan program itu,” kata Nurul Arifin seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (31/5).

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini berharap, para pekerja migran tersebut mendapatkan kemudahan untuk bergabung dengan program Prakerja. Dengan demikian, mereka bisa mendapatkan skill dan keterampilan baru.

Kita juga harus mendorong mereka untuk menjadi entrepreneur baru di daerah atau desanya masing-masing,” ujar Nurul.

Nurul meyakini,  pekerja migran ini dapat menjadi pelopor dalam menumbuhkan usaha mikro. Disamping memiliki skill dan keterampilan, sebagian dari mereka tentu memiliki tabungan yang dapat digunakan sebagai modal usaha. Berbekal program pelatihan di Kartu Prakerja, mereka dapat berkembang menjadi seorang entrepreneur.

Usaha baru tersebut diharapkan menggeliatkan ekonomi dalam skala kecil di daerah mereka. Selain itu juga bisa membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat korban PHK,” tandas Nurul Arifin.[fth]


Komentar Pembaca
Fasilitas Umum Tandon Air

Fasilitas Umum Tandon Air

KAMIS, 04 JUNI 2020 , 16:42:00

Perjalanan Kereta Barang Dalam Kondisi Pandemi Covid-19
Salat Jumat Jelang New Normal Di Semarang

Salat Jumat Jelang New Normal Di Semarang

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:00:00