Nelayan Tasikagung Rembang Tetap Larung Sesaji

Budaya  MINGGU, 31 MEI 2020 , 15:56:00 WIB | LAPORAN: DARYONO

Nelayan Tasikagung Rembang Tetap Larung Sesaji
RMOLJateng. Nelayan Desa Tasikagung, Rembang Kota, tetap menggelar acara tradisi larung sesaji ke tengah laut, Minggu (31/5).

Tradisi larung sesaji rutin diselenggaran setiap tahun, seminggu setelah Lebaran.
Tokoh nelayan Desa Tasikagung, Suyoto menjelaskan, larung sesaji tetap digelar, karena merupakan warisan turun temurun dari nenek moyang.

Namun kapal yang melarung sesaji berupa sesajian dan kepala kambing ke tengah laut hanya dua kapal, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Jika acara larung sesaji, ditiadakan, para nelayan merasakan kurang mantap. Yang dilarung replika kapal, di dalamnya terdapat sesajian dan kepala kambing," kata Suyoto.

Sedangkan kegiatan lain, seperti karnaval, arak-arakan, pentas dangdut, wayang dan pengajian ditiadakan, guna mematuhi anjuran pemerintah.

"Warga sudah kita beri pemahaman. Negara masih menghadapi pandemi Covid-19. Tahun depan kalau sudah nggak ada wabah, bisa diadakan lagi. Lhah untuk dana yang terkumpul, belum lama ini kita belikan beras 27 ton, untuk kegiatan sosial," imbuhnya.

Sementara itu, Kapolres Rembang, AKBP Dolly A. Primanto turun langsung memantau tradisi larung sesaji dan panjat pinang di pinggir pantai Tasikagung. Pihaknya mengerahkan 50 orang personil, untuk melakukan pengamanan.

"Meski tidak kami izinkan, tapi yang namanya tradisi, nggak bisa dihindari. Makanya kita terjunkan personil disebar ke beberapa titik," terangnya.

Dolly menambahkan, setelah replika kapal berisi sesaji diturunkan di tengah laut, sekira 1 kilo meter dari bibir pantai, kapal langsung kembali ke dermaga pelabuhan. Ia tak henti-hentinya mengimbau warga untuk mengenakan masker dan tetap menjaga jarak.

"Tadi saya juga ikut ke tengah laut, terus kembali lagi ke pinggir. Karena ada panjat pinang juga, kita himbau penonton pakai masker, dan tetap jaga jarak," pungkasnya. [hen]

Komentar Pembaca
Fasilitas Umum Tandon Air

Fasilitas Umum Tandon Air

KAMIS, 04 JUNI 2020 , 16:42:00

Perjalanan Kereta Barang Dalam Kondisi Pandemi Covid-19
Salat Jumat Jelang New Normal Di Semarang

Salat Jumat Jelang New Normal Di Semarang

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:00:00