Antar Pemudik, Bus Dari Bali Dipaksa Putar Balik

Daerah  MINGGU, 31 MEI 2020 , 10:37:00 WIB | LAPORAN: DARYONO

Antar Pemudik, Bus Dari Bali Dipaksa Putar Balik
RMOLJateng. Petugas Pos Pengamanan (Pos Pam) III di perbatasan Sale (Rembang)-Jatirogo (Tuban) memutarbalikkan sebuah bus dari Denpasar, Bali dengan tujuan Cirebon, Jawa Barat.

Bus PO Prawira Dewata Trans, Nopol DK 9170 AD itu, semula melaju dari arah timur ke barat. Begitu akan memasuki wilayah Kecamatan Sale, petugas Pos Pam langsung menghentikan bus.

Diketahui di dalam bus terdapat 48 orang penumpang, seorang sopir dan 1 kernet. Diduga kuat bus itu akan mengantarkan pemudik.

Kepala Pos Pam III Sale Iptu Agus Saptono menjelaskan, saat diperiksa, penumpang tidak menjaga jarak satu sama lain.

Selain itu, pihaknyaknya juga memutarbalikan 2 bus dari Madura dan Surabaya yang akan menuju Jabodetabek, Minggu (31/5/2020) pagi.

Diduga mereka menghindari jalur Pantura, kemudian memilih jalan Jatirogo-Sale. Padahal petugas di Pos Pam Sale juga memperketat pengawasan.

"Penumpang kebanyakan pekerja habis mudik, mereka nggak memperhatikan physical distancing, makanya kita ambil tindakan, dengan memutar balik bus. Jalur Sale-Jatirogo kan jalur tikus, mungkin dipandang longgar, padahal kita juga sama ketatnya dengan pantura," kata Agus.

Selain memutar balik bus, polisi juga mendapati sejumlah mobil pribadi yang membawa pemudik ingin balik ke daerah tujuan.

Seluruh penumpang diminta turun dan diperiksa. Polisi pun mengarahkan pengemudi mobil pribadi untuk putar balik.

Sejak sebelum Lebaran, larangan mudik sudah diberlakukan pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19. Namun, masih banyak pemudik yang nekat dan berusaha mengelabui petugas, demi bisa pulang kampung. [jie]





Komentar Pembaca
Fasilitas Umum Tandon Air

Fasilitas Umum Tandon Air

KAMIS, 04 JUNI 2020 , 16:42:00

Perjalanan Kereta Barang Dalam Kondisi Pandemi Covid-19
Salat Jumat Jelang New Normal Di Semarang

Salat Jumat Jelang New Normal Di Semarang

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:00:00