Jelang Syawalan, Ribuan Masker Dibagikan ke Pedagang-Pembeli Pasar Kalinyamatan

Daerah  SABTU, 30 MEI 2020 , 12:17:00 WIB | LAPORAN:

Jelang Syawalan, Ribuan Masker Dibagikan ke Pedagang-Pembeli Pasar Kalinyamatan
RMOLJateng. Ribuan masker bantuan dari anggota DPR RI Abdul Wachid dibagikan ke para pedagang dan pembeli yang beraktivitas di Pasar Kalinyamatan, turut Desa Margoyoso, Kecamatan Kalinyamatan, Jepara, Sabtu (30/5).

Masker ini diharapkan ikut mencegah penyebaran Covid-19 di kawasan pasar tradisional jelang tradisi syawalan.

Seperti diketahui, tradisi syawalan yang digelar H+7 memiliki makna filosofis yang luhur.

Lazimnya aktivitas jual beli janur, beras ketan, ayam dan pernak-pernik lainnya juga ramai di pasar tradisional jelang syawalan.

Seiring hal itu, Abdul Wachid pun berinisiatif membagikan ribuan masker yang secara simbolis diserahkan kepada Kepala Desa Margoyoso, Miftahul Huda selaku pemangku wilayah.

Setelah itu, Miftahul Huda menyerahkan kepada tim Puskesmas Kalinyamatan yang bersama petugas Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara, melakukan rapid test di Pasar Kalinyamatan, Sabtu (30/5).

Selanjutnya ribuan masker itu dibagikan kepada pedagang dan pembeli yang beraktivitas di pasar tradisional tersebut.

Abdul Wachid mengatakan saat ini Kabupaten Jepara sudah masuk zona merah Covid-19. Hal ini seiring adanya belasan warga dari sejumlah kecamatan seperti Kalinyamatan, Pecangaan, Welahan Mayong Nalumsari dan Kedung yang dinyatakan positif virus tersebut.

Tentu saja, lonjakan kasus itu perlu diwaspadai berbagai kalangan. Salah satu bentuk kewaspadaan itu dengan mempraktikkan protokol kesehatan Covid-19 dalam aktivitas harian. Mulai dari rajin cuci tangan, menggunakan masker dan lain sebagainya.

"Pembagian ribuan masker ini juga agar orang-orang yang beraktivitas di pasar terbiasa menggunakannya. Kita bagikan berbarengan dengan rapid test karena sebelumnya ada salah seorang pedagang Pasar Kalinyamatan yang positif Covid-19," kata wakil rakyat dari Dapil Jateng II ini.

Salah seorang pedagang di Pasar Kalinyamatan, Mahmudah berterimakasih atas pembagian masker secara gratis tersebut.

Masker dinilainya juga bagian ikhtiar agar ia dan pedagang lain tidak tertular Covid-19.

"Kondisi seperti ini memang serba bingung. Kalau tidak berjualan karena takut tertular nanti perekonomian keluarga saya bagaimana? Kalau berjualan juga agak was-was apalagi ada yang positif. Makanya masker ini sangat membantu sekali," tandasnya. [hen]

Komentar Pembaca
Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 12:14:00

Alat Berat Eksplorasi Alam

Alat Berat Eksplorasi Alam

SABTU, 26 SEPTEMBER 2020 , 15:09:00