Bobol ATM, Mantan Pegawai Pengisian Uang Diamankan Polisi

Hukrim  KAMIS, 28 MEI 2020 , 13:10:00 WIB | LAPORAN: M PUTRA ANANDA

Bobol ATM, Mantan Pegawai Pengisian Uang Diamankan Polisi
RMOLJateng. Mantan pegawai jasa pengisian uang ATM, diamankan aparat kepolisian sektor Ngawen, Blora karena menjadi pelaku pembobolan uang di ATM. Pelaku adalah MAS (23) warga Kelurahan Margorejo Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus.

Kapolsek Ngawen, Iptu Sunarto mengatakan, pelaku diamankan di rumahnya pada Rabu (27/5). Dari keterangan pelaku, setidaknya sudah dua kali ia melakukan aksi kejahatan serupa.

"Tersangka terbilang profesional, membuka mesin ATM dengan kunci lemari. Dengan berani beraksi sendirian berangkat dari Kudus menuju Blora untuk mengambil uang sebanyak dua kali. Aksi pertama pada 12 Mei, berhasil membawa kabur 44 juta dan aksi kedua dilakukan pada 17 Mei uang 69 juta berhasil digasak," kata Kapolsek, Kamis (28/5).

Menurut Kapolsek, dari pemeriksaan terhadap pelaku,.diketahui pelaku pernah bekerja di jasa pengisian ATM selama 4 bulan sebelum akhirnya dipecat. Keahlian yang didapat saat bekerja inilah yang dimanfaatkan pelaku untuk menggasak uang di ATM.

Kapolsek menuturkan ternyata tersangka tersebut diketahui mantan karyawan PT UG Mandiri Kudus. Dengan pengalamannya dan keahlian yang dimiliki tersebut digunakannya untuk berbuat kejahatan.

"Hasil pemeriksaan sementara oleh petugas tersangka memang mantan pegawai di perusahaan jasa pengisian ATM PT UG Mandiri Kudus selama 4 bulan dan di PHK pada bulan April lalu. Dengan pengalamannya dan keahlian yang dimiliki tersebut digunakannya untuk berbuat kejahatan," jelas Iptu Sunarto.

Atas perbuatannya itu, pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian pemberatan dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara. [jie]



Komentar Pembaca