Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Semarang Segel Pasar Ikan Rejomulyo

Kesehatan  SABTU, 23 MEI 2020 , 11:33:00 WIB | LAPORAN: IMAM RAHMAYADI

Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Semarang Segel Pasar Ikan Rejomulyo
RMOLJateng. Guna melakukan sterilisasi pasca adanya puluhan pedagang reaktif Covid-19, tim Gugus Tugas Pemkot Semarang menutup sementara Pasar Ikan Rejomulyo (Pasar Kobong).

Penutupan dilakukan dengan pemasangan segel Garis Pembatas  Satpol PP oleh Tim Gugus Tugas yang terdiri dari Satpol PP Kota Semarang, Dinas Perdagangan, Dinas Kesehatan, TNI/Polri dan instansi lainnya, Sabtu (23/5/2020).

Kasat Pol PP Kota Semarang Fajar Purwoto mengatakan, penutupan sementara Pasar Rejomulyo guna sterilisasi pasca ditemukannya sedikitnya 21 pedagang dan pengunjung reaktif Covid-19.

"Mulai hari ini, Pasar ikan Rejomulyo ditutup dan dipasang garis pembatas Satpol PP. Pasar akan disterilkan dengan dilakukan penyemprotan disinfektan oleh Damkar BPBD dan instansi lain," ujar Fajar usai penyegelan pasar.
 
Lebih lanjut Fajar mengatakan, sterilisasi dilakukan agar pasar lebih nyaman dan tidak ada penularan Covid-19.

"Dalam 6 hari kedepan, pasar disterilkan. Jika memang sudah benar-benar dianggap steril dan tdak ada lagi penyebaran Covid-19 di pasar tersebut, pasar bisa difungsikan kembali," pungkas Fajar.

Diberitakan sebelumnya, Pemkot Semarang melakukan rapid tes dan swab test  massal terhadap pedagang dan pengunjung pasar ikan Rejomulyo atau lebih dikenal dengan Pasar Kobong di jalan Pengapon Semarang.

Kegiatan tersebut dikakukan petugas gabungan Gugus Tugas Covid-19 Pemkot Semarang menyusul adanya 21 orang reaktif Covid-19, Jumat (22/5/2020) malam.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang dr. Abdul Hakam mengungkapkan, tindakan rapid tes dan swab tes yang dilakukan oleh Pemkot Semarang untuk mencegah semakin melebarnya penularan.

"21 orang yang reaktif Covid-19 tersebut terdiri atas pedagang dan pengunjung pasar ikan Rejomulyo yang sempat saling kontak dan sementara kita karantina di rumdin Wali Kota Semarang," ungkap Abdul Hakam. [jie]

Komentar Pembaca