Petugas Razia Penjual Petasan Di Blora

Hukrim  JUM'AT, 22 MEI 2020 , 13:42:00 WIB | LAPORAN: M PUTRA ANANDA

Petugas Razia Penjual Petasan Di Blora
RMOLJateng. Kepolisian Resor Blora menggelar operasi petasan jelang hari raya Idul Fitri 1441 H.

Seperti yang dilakukan oleh Polsek Kunduran, dipimpin langsung oleh Kapolsek Iptu Lilik Sukaryono, anggota Polsek Kunduran keliling mengecek pedagang kembang api, Jumat (22/5).

Dalam operasi tersebut petugas menyasar sejumlah pedagang kembang api seperti di pasar dan lapak-lapak di perempatan.

Petugas mengecek satu per satu daya ledak petasan yang dinilai membahayakan. Petugas pun tidak segan melakukan penyitaan jika terdapat petasan yang memiliki daya ledak tinggi.

"Operasi tersebut digelar secara persuasif dengan memberikan pengertian kepada para pedagang agar tidak menjual petasan berukuran besar yang bisa membahayakan keselamatan jiwa," katanya.

Operasi dilakukan sebagai upaya untuk mencegah kejadian fatal yang disebabkan oleh petasan. Dia menekankan agar para pedagang kembang api tidak menjual kembang api secara sembarangan, terutama kepada anak-anak.  

Dalam razia tidak ditemukan petasan yang berukuran besar.

Silakan jualan kembang api, tapi jangan petasan apalagi yang berukuran besar, karena bisa membahayakan,” tandasnya.

Salah satu pedagang, Mamik mengaku sudah sejak lama tidak menjual petasan. Setiap tahunnya ia hanya menjual berbagai jenis kembang api.

Karena kan memang sejak dulu dilarang mas, jadi gak jualan. Ini paling hanya kembang api dan petasan kecil-kecil,” ujarnya. [hen]

Komentar Pembaca