Satu Perusahaan Tangguhkan THR, Empat Lainnya Bayar Dicicil

Ekonomi  RABU, 20 MEI 2020 , 18:05:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD OLIEZ

Satu Perusahaan Tangguhkan THR, Empat Lainnya Bayar Dicicil
RMOLJateng. Satu perusahaan di Kabupaten Kudus mengajukan penangguhan pembayaran tunjangan hari raya (THR).

Satu perusahaan yang bergerak di bidang tata kecantikan ini telah mengajukan keringanan ini kepada Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UKM (Disnaker Perinkop) Kudus.

"Ada satu yang menangguhkan THR 2020. Rencananya dibayar akhir tahun," kata Kepala Bidang Hubungan Industri dan Perselisihan Tenaga Kerja Disnaker Perinkop Kabupaten Kudus, Agus Juanto, Rabu (20/5).

Menurutnya, alasan pengajuan penangguhan THR ini dilatar belakangi dampak Covid-19. Selain satu perusahaan yang mengajukan penangguhan, juga ada empat perusahaan yang membayar THR dengan cara mengangsur atau mencicil.

"Empat perusahaan juga ada yang membayar THR secara bertahap. Ini kesepakatan bersama antara perusahaan dan serikat pekerjanya," paparnya.

Dijelaskan, untuk pemberian THR keagamaan wajib dibayarkan oleh perusahaan kepada pekerja/buruh paling lambat tujuh hari sebelum hari raya keagamaan. Sementara saat ini sudah ada 150 perusahaan di Kudus yang telah menyerahkan laporan pembayaran THR keagamaan.

"Sampai saat ini sudah ada 150 perusahaan yang telah menyampaikan laporan pembayaran THR dari 170 perusahaan yang kami berikak surat edaran pelaksanaan THR," imbuhnya.

Sementara 15 lainnya, belum menyerahkan laporan pembayaran THR. Diperkirakan dalam waktu dekat hal ini akan segera dilaksanakan perusahaan terkait. [hen]

Komentar Pembaca