PT KAI Daop 6 Batalkan Perjalanan KA Jarak Jauh

Nusantara  SELASA, 28 APRIL 2020 , 15:16:00 WIB | LAPORAN: DIAN TANTI BURHANI

PT KAI Daop 6 Batalkan Perjalanan KA Jarak Jauh
RMOLJateng. Larangan dari pemerintah untuk tidak mudik selama masa pandemi Covid-19, PT KAI DAOP 6 batalkan perjalanan KA jarak jauh untuk mudik lebaran hingga tanggal 31 Mei 2020.

Bukan hanya itu saja, PT KAI juga membatalkan sementara  dan perjalanan KA Perintis Batara Kresna.

"Untuk sementara waktu PT KAI hanya melayani perjalanan KA Prambanan Ekspres (Prameks) dan KA Angkutan Barang," jelas Manajer Humas PT KAI Daop 6, Eko Budiyanto, Selasa (28/4).

Disebutkan Eko, pembatalan sementara seluruh perjalanan KA jarak jauh ini dilakukan untuk mendukung larangan mudik dari pemerintah sebagai upaya pencegahan penyebaran dan penularan Covid-19.

Sehingga PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 Yogyakarta resmi memperpanjang pembatalan seluruh perjalanan kereta api jarak jauh arah Barat (Jakarta/Bandung) maupun arah Timur (Surabaya/Malang/Ketapang) untuk mudik lebaran sampai dengan tanggal 31 Mei 2020.

"Sebelumnya dari  PT juga  menerapkan pola pembatalan sementara perjalanan KA sampai 30 April 2020, sambil dilakukan evaluasi mengikuti perkembangan," lanjutnya. 

Sementara itu hasil evaluasi juga  perkembangan di lapangan, PT KAI akhirnya  memutuskan untuk memperpanjang pembatalan sementara kereta jarak jauh hingga lebaran usai yakni tanggal 31 Mei 2020.

"Selain membatalkan perkalanan KA jarak jauh, terdapat juga pembatalan sementara KA Perintis Batara Kresna relasi Purwosari - Wonogiri (PP)," imbuhnya.

Dihimbau juga kepada masyarakat yang terlanjur memiliki tiket perjalanan mudik agar bisa melakukan pembatalan perjalanan atau mereschedule (menjadwal ulang keberangkatan). 

PT KAI akan memberikan refund 100% untuk pembatalan tiket keberangkatan KA sampai dengan tanggal 4 Juni 2020. Pembatalan bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access maupun loket stasiun.

"Pembatalan melalui aplikasi maksimal 3 jam sebelum jadwal keberangkatan dan uang akan ditransfer paling lambat 45 hari kemudian," tuturnya.

Pembatalan tiket, lanjutnya bisa dilakukan di loket stasiun di semua stasiun keberangkatan KA jarak jauh maupun lokal hingga maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan dengan menunjukkan KTP, kode booking, dan uang akan langsung diganti secara tunai. [jie]




 





Komentar Pembaca