Pemuda Di Sukoharjo Buat Masker Dan APD Untuk Dibagikan Gratis

Daerah  SABTU, 11 APRIL 2020 , 14:00:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

Pemuda Di Sukoharjo Buat Masker Dan APD Untuk Dibagikan Gratis
RMOLJateng. Sekelompok pemuda di Sukoharjo membuat masker dan baju alat pelindung diri (APD) medis untuk dibagikan ke masyarakat dan tenaga medis.

"Awalnya kami resah karena banyak orang yang memanfaatkan keadaan dengan menimbun masker untuk dijual mahal. Kebetulan kami bisa menjahit maka kita sepakat membuat masker dan APD untuk dibagi gratis," kata salah satu pembuat Ari Depressi, warga Tawangsari, Sukoharjo, dikonfirmasi Sabtu (11/4).

Ari tidak sendiri, ia bersama komunitasnya Budi Seven, Abdee Rockend, Adhi nugroho dan Anjar Leo dan Dokter Diro, sepakat bergerak. Terlebih mereka sudah punya pengalaman di bidang konveksi distro.

Aksipun berlanjut dengan membuat posko produksi masker dan APD gratis di dukuh Ngadirejo RT 1 RW 7, Desa Watubonang, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo.

Aksi mereka mendapat dukungan donasi dari banyak pihak. Bahkan semakin banyak relawan yang bergabung, termasuk dari Karang Taruna Pemuda Satya Manunggal WANI.

Mereka mampu memproduksi masker 500 buah setiap hari. Produksi ini akan ditingkatkan menjadi 2.000 setiap hari mengingat permintaan semakin tinggi.

"Hanya kendala ada di APD, bahan ada bisa untuk 1800 APD, tapi perlengkapan lain seperti resleting yang susah dicari," kata Ari yang punya toko distro di Manado.

Untuk penjahit, Ari memberdayakan pegawai konveksi yang dirumahkan karena konveksinya tutup. Ada sekitar 10 penjahit yang bergabung dan mereka juga mendapat upah.

"Kami berharap aksi kecil ini bisa membantu Indonesia bisa segera terbebas dari covid-19," tandas pria bertato ini. [hen]




Komentar Pembaca