Gereja-Gereja Di Semarang Sambut Paskah Di Rumah

Daerah  JUM'AT, 10 APRIL 2020 , 11:50:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Gereja-Gereja Di Semarang Sambut Paskah Di Rumah

Dok RMOL Jateng

RMOLJateng. Segenap umat nasrani di Semarang sepakat untuk merayakan rangkaian ibadah Paskah di rumah masing-masing. Hal tersebut disampaikan oleh, Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja Kristen di Semarang, Pendeta Sediyoko.

Sediyoko mengatakan, sejak tanggal 16 Maret lalu, gereja-gereja di Kota Semarang telah sepakat melakukan ibadah online atau ibadah di rumah masing-masing.

"Jadi, untuk memperingati Paskah ini otomatis sudah di rumah masing-masing. Nanti secara online. Meski demikian, tidak mengurangi esensi ibadah kami," kata Sediyoko, Jumat (10/4).

Pihaknya juga mengajak umat Kristiani untuk berpuasa menjelang Paskah. Saat berpuasa tersebut, mereka dihimbau untuk menyisihkan uang ke celengan aksi puasa Paskah. Uang yang terkumpul akan digunakan untuk aksi sosial untuk membantu dampak covid-19.

"Biasanya puasa dimulai pada Minggu Palmarum, enam minggu sebelum Paskah. Itu masa menjelang hari Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Sunyi, dan Minggu Paskah," terang Sediyoko.

Pada situasi seperti saat ini, papar dia, umat Kristiani merayakan Paskah dalam suasana duka dan penuh pergumulan. Umat manusia menyaksikan begitu banyak orang berjuang di ambang batas kehidupan dan kematian, akibat pandemik covid-19.  

"Sekali lagi umat disapa oleh berita Paskah yang menjadi pusat iman yaitu, Kristus telah bangkit mengalahkan kematian. Paskah merupakan peristiwa kebangkitan Tuhan Yesus dari kematianNya. Artinya, kehadiran Kristus yang bangkit memberikan perasaan damai sejahtera dan bukan menimbulkan perasaan takut," paparnya.

Menurutnya berita Paskah bagi umat Kristiani merupakan kabar gembira dan sukacita bagi setiap orang yang tidak berdaya.

Sebab kehadiran Yesus yang bangkit senantiasa menghadirkan damai sejahtera Tuhan dan pengharapan sehingga umat Kristiani akan dipulihkan.

"Bahkan akan dimampukan untuk menjadi saksi kebangkitan Kristus," tutup dia. [hen]




Komentar Pembaca