Warga Mendengar Suara Ledakan Saat Kebakaran CPP Gas Gundih Di Blora

Peristiwa  KAMIS, 09 APRIL 2020 , 17:13:00 WIB | LAPORAN: M PUTRA ANANDA

Warga Mendengar Suara Ledakan Saat Kebakaran CPP Gas Gundih Di Blora
RMOLJateng. Sejumlah warga melihat langsung kejadian kebakaran yang terjadi di Central Procecing Plant (CPP) gas Gundih di Desa Sumber Kecamatan Kradenan Blora, Kamis (9/4).

Warga mengaku, saat kebakaran sempat terdengar suara ledakan sebanyak satu kali.
Asrofah salah seorang warga mengatakan, saat kejadian ia bersama 10 temannya sedang menanam padi. Jarak antara dirinya dengan lokasi hanya sejauh 300 meter.

Begitu mendengar suara ledakan, ia bersama rekan-rekannya langsung berlarian menjauh.

"Waktu itu kan saya 10 orang sedang tanam padi. Lihat ada asap tebal putih keluar dari cerobong Pertamina, lalu asap hitam campur api. Dan ada suara ledakan, langsung pada lari semua. Kan itu jaraknya dekat sekali mas. Panik semua langsung bubar," ucap Asrofah warga Desa Sumber Kecamatan Kradenan, Blora itu.

Menurut Asrofah kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 09.30 WIB. Begitu kejadian, langsung datang seorang petugas untuk menenangkannya.

"Kejadian tadi habis makan, sekitar jam 09.30. Semua langsung kabur. Sempat datang petugas bilang gak papa silahkan dilanjutkan," terangnya.

Warga lain, Parjan mengaku kebakaranterjadi selama kurang lebih 30 menit.

"Ya kurang lebih setengah jam kebakarannya itu. Jam 10 baru rapi semua. Padam apinya," bebernya.

General Manager PT Pertamina EP Agus Amperianto mengatakan, tim penanganan keadaan darurat PT Pertamina EP Cepu Field langsung melakukan upaya stabilisasi seluruh fasilitas di CPP Gundih sehingga api di fasilitas TOX sudah berhasil dikendalikan.

Kebakaran itu disebabkan adanya gangguan di area Thermal Oxidier (TOX).

"Saat ini operasi di CPP Gundih dan sumur gas sudah dilakukan shutdown untuk proses stabilisasi. Seluruh pekerja didalam area CPP Gundih sudah dievakuasi, fire truck duaunit serta ambulance dan paramedic kami standby di lokasi," jelas Agus. [hen]

Komentar Pembaca