Pemudik Wonogiri Tembus Angka 30.871 Orang

Daerah  SABTU, 04 APRIL 2020 , 12:28:00 WIB | LAPORAN: TULUS PREMANA

Pemudik Wonogiri Tembus Angka 30.871 Orang
RMOLJateng. Warga rantau yang mulai berdatangan ke Wonogiri mencapai 30.871 orang dalam 20 hari.

"Itu data penumpang bus kedatangan, yang kami catat sampai Jumat (3/4) pukul 00.00 tadi," kata Agus Hasto Purwanto Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Giri Adipura, Sabtu (4/4).

Dalam kurun waktu yang sama, lanjutnya, warga Wonogiri yang pergi ke luar daerah menggunakan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) ada 19.291 orang.

"Untuk warga yang mudik, dalam kurun waktu empat hari ini terus mengalami penurunan," imbuhnya.

Terpisah, Bupati Wonogiri Joko Sutopo menegaskan, warga yang kembali ke rumah akan diterima dengan baik. Pemerintah terus berusaha semaksimal mungkin untuk memfasilitasinya.

"Itu warga saya semua, ber KTP Wonogiri. Dan mereka pulang ke rumah karena di tempat rantau udah tidak ada pekerjaan apa-apa," ungkap Joko.

"Kalau mereka dilarang mudik, salah mereka apa? Di tempat rantau sudah tidak ada pekerjaan, ya tentunya mereka akan kembali pulang ke rumahnya, kumpul bersama keluarganya. Mengapa dilarang?," papar Bupati yang akrab disapa Mas Jekek tersebut.

Untuk mengantisipasi adanya penularan virus covid-19, lanjut dia, masih harus melewati serangkaian pemeriksaan. "Pemeriksaan kita lakukan selain untuk memastikan kondisi kesehatan pemudik, juga untuk membuat rasa nyaman semuanya. Baik yang datang maupun keluarganya," katanya.

Dia sudah menyiapkan dana Rp6M untuk penanganan penyebaran virus covid-19. Sedangkan, untuk pemulihan virus covid-19 sudah disiapkan dana Rp110 M.

"Itu dana tahap pertama yang kami siapkan. Kalau dirasa kurang akan kita tambah lagi sesuai dengan kebutuhan. Kalau sisa tentunya dikembalikan lagi ke kas negara," ungkapnya. [hen]

Komentar Pembaca