Pemkot Solo Siapkan Lima Bus Antar Pemudik Ke Rumah Karantina

Daerah  JUM'AT, 03 APRIL 2020 , 16:32:00 WIB | LAPORAN: DIAN TANTI BURHANI

Pemkot Solo Siapkan Lima Bus Antar Pemudik Ke Rumah Karantina
RMOLJateng. Pemerintah Kota Solo telah menyiapkan lima bus untuk penjemputan pemudik yang akan dikarantina selama 14 hari.

"Masing-masing bus akan disiapkan di Stasiun Purwosari, Stasiun Balapan, Stasiun Jebres, Terminal Tirtonadi, Bandara Adi Sumarmo," papar Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Jumat (3/4).  

Sebelum dan sesudah digunakan untuk menjemput pemudik akan dilakukan penyemprotan dahulu di dalam dan luar bus dengan menggunakan desinfektan.

"Di dalam bus juga disiapkan masker dan hand sanitizer," papar Rudi panggilan akrab Walikota Solo.  

Pihaknya akan berkoordinasi dengan kepala terminal, kepala bandara dan kepala stasiun. Terkait SOP sedang disiapkan oleh Dinkes Solo dan akan segera disampaikan pada masyarakat.

"Nanti bagaimana sistem dan prosedur untuk penjemputan dan sistem karantina sedang dibuat oleh Bu Ning (Kepala Dinkes Solo) bersama dengan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Solo," imbuhnya.

Ditambahkan Rudi, hari ini lima bus sudah dikirim ke tiga stasiun di Kota Solo, yakni Balapan, Jebres, dan Purwosari. Kemudian dua terminal Tirtonadi dan Bandara Adi Soemarmo.

Prosedurnya nanti yang akan diterapkan, para pemudik akan menujukkan identitas. Pemudik diutamakan adalah warga ber KTP Solo.

"Jadi semuanya nanti akan terlayani dengan baik untuk para pemudik yang nekat mudik ke Surakarta. Jadi hanya KTP Surakarta saja. Wajib dikarantina di tempat yang disediakan Pemkot Surakarta. Kalau dari Soloraya semuanya ya gak ada tempatnya," pungkas Rudi. [hen]

Komentar Pembaca
Fasilitas Umum Tandon Air

Fasilitas Umum Tandon Air

KAMIS, 04 JUNI 2020 , 16:42:00

Perjalanan Kereta Barang Dalam Kondisi Pandemi Covid-19
Salat Jumat Jelang New Normal Di Semarang

Salat Jumat Jelang New Normal Di Semarang

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:00:00