Ringankan Beban, Dandim Blora Borong Cabe Milik Petani

Ekonomi  KAMIS, 02 APRIL 2020 , 15:38:00 WIB | LAPORAN: M PUTRA ANANDA

Ringankan Beban, Dandim Blora Borong Cabe Milik Petani
RMOLJateng. Dandim 0721/Blora, Letkol Inf Ali Mahmudi bersama anggotanya memborong hasil panen cabe petani di Desa Tambahrejo Kecamatan Tunjungan, Kamis (2/4) siang.

Aksi Dandim ini dilakukan untuk meringankan beban petani cabe di tengah pandemi Covid-19 yang harganya turun drastis dari hari biasanya.

Dandim 0721/ Blora, Letkol Inf Ali Mahmudi mengatakan, pihaknya sengaja memborong cabe hasil panen petani sebagaimana anjuran Pemkab Blora, untuk bersama-sama meringankan beban petani cabe yang memasuki musim panen. Dandim mengaku membeli harga sesuai dengan harga jual di pasaran.

"Kita beli sebanyak 291 kg cabe milik petani di sini. Kita beli dengan harga sesuai pasaran. Agar petani tetap bisa tersenyum di tengah anjlognya harga cabe akibat virus Corona," ucap Dandim.

Seperti diketahui, sebelum mewabahnya virus Corona, Harga cabe di pasaran bisa mencapai Rp 10 ribu per kilonya. Dandim pun meminta agar para petani tetap semangat dan terus menanam cabe.

"Harapan kami, semoga langkah kami ini bisa menyemangati mereka untuk terus menanam cabe. Kami juga berharap agar harga cabe bisa kembali normal sehingga tidak banyak merugikan petani ini," papar Dandim.

Aksi borong cabe inipun disambut antusias oleh para petani. Sutikman salah seorang petani cabe di Desa setempat mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Kodim Blora.

Ia mengakui, saat ini petani cabe terkena dampak yang luar biasa akibat mewabahnya virus Corona. Harga jual merosot tajam sehingga membuat petani merugi.

"Tentunya ini sangat membantu kami, ditengah harga cabe yang merosot tajam akibat Corona. Semoga langkah Kodim bisa diikuti oleh pejabat lain di Blora, sehingga para petani cabe tetap semangat untuk.menanam cabe," ujarnya. [jie]

Komentar Pembaca