Hendi : Rumah Dinas Dan Diklat Siap Digunakan Untuk Penanganan Covid-19

Kesehatan  MINGGU, 29 MARET 2020 , 14:52:00 WIB | LAPORAN: TAKHRODJIE

Hendi : Rumah Dinas Dan Diklat Siap Digunakan Untuk Penanganan Covid-19
RMOLJateng. Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menegaskan kalau Rumah Dinas dan Gedung Diklat Kota Semarang telah siap dipergunakan untuk penanganan Covid-19 atau virus corona.

Hal tersebut disampaikan Hendi, panggilan akrabnya, saat mengecek kesiapan rumah dinas dan gedung diklat, Minggu (29/3/2020).

"Sesuai dengan target, besok rumah dinas dan gedung diklat sudah bisa dipakai untuk penanganan Covid-19, baik untuk yang ODP maupun Pasien yang dalam pengawasan atau PDP," ujar Hendi.

Menurut Hendi, di rumah dinas ada 94 kamar yang nanti dipakai untuk yang PDP tapi hasil tesnya negatif corona dan ada 6 kamar khusus untuk PDP yang hasilnya positif.

"Jadi total kamar di rumah dinas ada 100," ujarnya.

Sementara di gedung Diklat lanjut Hendi, ada 96 kamar yang peruntukannya untuk karantina kawan-kawan yang ODP.

"Jadi kalau ada ODP kemudian hasil tes positif, maka akan masuk ke gedung Diklat untuk dilakukan upaya-upaya penyembuhan. Jika nanti seseorang tersebut ada kemungkinan hal yang terburuk, dia langsung dibawa ke rumah sakit Wongsonegoro, rumah sakit terdekat dari situ," tambahnya.

Meski demikian lanjut Politisi PDI Perjuangan ini, jika rumah sakit sudah tidak mampu, dipersilahkan kalau mau dirujuk ke teman-teman Dinas Kesehatan maupun Wongsonegoro untuk penempatan di Diklat dan di rumah dinas.

"Besok rumah dinas dan diklat sudah bisa dipergunakan. Kita tadi sudah lihat lokasinya sudah oke, alat-alatnya juga sudah siap," tandasnya.

Adapun tenaga medis lanjut Hendi, untuk di rumah dinas disiapkan 36 perawat dan 16 dokter yang dikoordinir Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang.

"Untuk dokter kita dibantu juga dari RST atau rumah sakit tentara dan juga dibantu dari relawan-relawan dari Ikatan Dokter Indonesia. Sementara di diklat, tenaga medisnya hampir sama yang semuanya dari tenaga medis Rumah Sakit Wongsonegoro Kota Semarang," terang Hendi. [jie]

Komentar Pembaca