Pemkab Blora Sulap Klinik Jadi Ruang Karantina ODP Covid-19

Kesehatan  MINGGU, 29 MARET 2020 , 14:40:00 WIB | LAPORAN: M PUTRA ANANDA

Pemkab Blora Sulap Klinik Jadi Ruang Karantina ODP Covid-19
RMOLJateng. Sebagai bentuk antisipasi dan kewaspadaan terhadap potensi penyebaran virus Corona atau Covid-19 di daerah, Pemerintah Kabupaten Blora mulai menyiapkan klinik yang ditujukan khusus untuk karantina dan observasi ODP (Orang Dalam Pemantauan).
Klinik yang disiapkan adalah Klinik Bakti Padma, yang berada di Jl.Blora-Randublatung km 4 Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Blora, Lilik Hernanto, menyampaikan bahwa klinik ini disiapkan untuk langkah antisipasi.
RSUD Blora dan Cepu masing-masing menyiapkan 5 ruang karantina dan isolasi. Sedangkan rumah sakit swasta hanya mampu menyediakan 2 sampai 3 unit saja. Sehingga Pemkab merasa perlu menyiapkan alternatif lain untuk antisipasi membludaknya pasien. Klinik ini bisa menampung hingga 30 pasien. Pengennya ya Blora tetap aman sehingga tidak ada yang menempati klinik ini,” terang Lilik Hernanto, Minggu (29/3).
Pihaknya berpesan agar masyarakat tidak panik dan mengutamakan upaya pencegahan dengan menerapkan pola hidup sehat.
Virus ini hanya bisa ditangkal dengan kondisi imunitas tubuh yang baik. Sehingga jika masyarakat panik maka imunitas tubuh semakin turun. Kami minta agar makan asupan gizi seimbang, olahraga teratur, tidur yang cukup dan selalu cuci tangan pakai sabun,” tegas Lilik Hernanto.
Selain itu, pihaknya mengimbau agar membatasi aktifitas keluar rumah yang tidak begitu penting guna meminimalisir potensi penularan. Jika terpaksa keluar diminta untuk memakai masker.[dit]

 

Komentar Pembaca