Pasien Covid-19 Pertama Di Purbalingga Pendatang Dari Bogor

Kesehatan  RABU, 25 MARET 2020 , 19:03:00 WIB | LAPORAN: PRAYITNO

Pasien Covid-19 Pertama Di Purbalingga Pendatang Dari Bogor
RMOLJateng. Pasien terkonfirmasi positif covid-19 pertama di Purbalingga merupakan pendatang dari Bogor Jawa Barat. Pasien tersebut semula dirawat di rumah sakit rujukan RSUD Banyumas.
 
"Saya baru mendapat informasi dari Dinas Kesehatan, berdasar hasil uji laboratorium terhadap swab pasien pada Rabu (25/3) siang, pasien laki-laki berusia 37 tahun dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19,” kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, Rabu (25/3) sore usai menggelar rapat mendadak dengan Komandan Kodim 0702, Kapolres dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.
 
Disebutkan Bupati Tiwi, dari 34 pasien dalam pengawasan (PDP), hasil test swab laboratorium satu orang dinyatakan negatif dan satu orang positif.

Satu orang negatif merupakan wanita usia 57 tahun warga Kejobong, sedang satu pasien positif laki-laki usia 37 tahun.

"Pasien itu semuanya berasal dari luar kota. Pasien laki-laki yang terkonfirmasi positif dari Bogor," kata Bupati Tiwi.
 
Terhadap pasien yang terkonfirmasi positif, pihak Dinkes langsung melakukan tracking jika yang bersangkutan sudah kontak dengan siapa saja.

"Dinkes juga akan mengambil sampel orang yang pernah melakukan kontak terhadap pasien tersebut dan kepada pihak keluarga akan dilakukan prosedur isolasi mandiri di rumahnya, sambil menunggu hasil uji laboratorium," kata Bupati Tiwi.
 
Tiwi menambahkan, sampai saat ini di Purbalingga ada 561 Orang Dalam Pemantauan (ODP). Semua ODP merupakan perantauan dari luar kota dan terbanyak dari Jakarta. [hen]

Komentar Pembaca