Puskesmas 2 Kemangkon Purbalingga Disiapkan Jadi Ruang Isolasi Darurat

Kesehatan  RABU, 25 MARET 2020 , 14:45:00 WIB | LAPORAN: PRAYITNO

Puskesmas 2 Kemangkon Purbalingga Disiapkan Jadi Ruang Isolasi Darurat
RMOLJateng. Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi kembali menyiapkan tambahan ruang isolasi darurat untuk penanganan pasien covid-19 di Purbalingga.

Salah satu pilihan lagi untuk menjadi alternatif yakni gedung baru Puskesmas 2 Kemangkon yang berada di Desa Gambarsari, Kemangkon.
 
Gedung itu baru selesai dibangun akhir tahun lalu dan belum difungsikan karena masih dalam tahap pemeliharaan.
 
Rabu (25/4) siang Bupati Tiwi bersama jajaran Dinas Kesehatan meninjau kelayakan gedung puskesmas tersebut. Gedung Puskesmas 2 Kemangkon merupakan gedung baru/ belum lama selesai dibangun dan masih kosong.

"Dari segi kelayakan sudah bagus. Tinggal nanti perlu dipersiapkan sarana dan prasaranannya,” kata Bupati.
 
Adapun ruang yang tersedia untuk isolasi di gedung ini sebanyak 13 ruangan. Kepada jajaran Puskesmas Kemangkon, Bupati meminta agar gedung ini bisa segera dibersihkan dan disemprot menggunakan desinfektan.

"Disamping itu juga perlu kami dipenuhi ketersediaan listrik dan air bersih," ungkapnya.
 
Seperti yang diketahui, Pemkab Purbalingga sudah menyiapkan sejumlah ruang isolasi untuk penanganan pasien covid-19. Beberapa yang sudah disediakan, yakni RSUD Goeteng Taroenadibrata sebanyak 23 ruang, dan RSU Panti Nugroho 12 ruang. Sementara itu yang tengah disiapkan yakni LIK Logam 10 ruang dan Puskesmas 2 Kemangkon 13 ruang. Total 58 ruang isolasi.
 
Hingga, saat ini Rabu (25/3) siang, tercatat hanya ada 25 Pasien dalam Pengawasan (PDP), 15 Orang dalam Pemantauan (ODP) dan 125 Orang Dalam Resiko (ODR). [hen]

Komentar Pembaca