Prancis Akan Perpanjang Waktu Lockdown Beberapa Pekan

Dunia  SELASA, 24 MARET 2020 , 21:08:00 WIB | LAPORAN: HENDRATI HAPSARI

Prancis Akan Perpanjang Waktu Lockdown Beberapa Pekan

Perdana Menteri Edoard Philippe

RMOLJateng. Pemerintah Prancis kemungkinan akan memperpanjang masa lockdown untuk memutus rantai penyebaran virus corona selama beberapa pekan.

Demikian yang disampaikan oleh Perdana Menteri Edoard Philippe. Philippe mengatakan, mulai Selasa (24/3), warga Prancis yang dapat berolahraga sekali sehari dengan jarak maksimal 1 km dari rumah mereka. Upacara pemakaman juga akan dibatasi untuk 20 orang dan pasar terbuka harus ditutup.

"Banyak warga ingin agar keadaan kembali normal, tetapi itu tidak akan terjadi segera. Kami merasakan tindakan penguncian yang telah kami lakukan, dan kami akan perkuat lagi selama beberapa pekan," katanya seperti dimuat Reuters.

Sementara ketika ditanya perihal akankah pemerintah menerapkan pemberlakuan jam malam, Philippe tidak mengesampingkan hal tersebut namun itu adalah keputusan pemerintah daerah.

"Kami tidak ingin memberlakukan jam malam nasional. Tetapi kami mengatakan kepada para prefektur untuk menghubungi walikota yang menganggap (jam malam) dibutuhkan," ungkapnya.

Sementara itu, setelah adanya berbagai disinformasi, Philippe mengatakan Klorokuin yang dianggap terbukti ampuh mengobati corona tidak akan lagi dijual dipasaran hingga ada pengujian klinis yang dilakukan seperti dikutip dari RMOL Jateng. [hen]





Komentar Pembaca