Beberapa Tahapan Pilkada 2020 Ditunda, Bawaslu Jateng Tetap Jalankan Fungsi Pengawasan

Politik  SELASA, 24 MARET 2020 , 17:35:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Beberapa Tahapan Pilkada 2020 Ditunda, Bawaslu Jateng Tetap Jalankan Fungsi Pengawasan
RMOLJateng. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah terus mempersiapkan dan mengawasi pelanggaran pemilu 2020 mendatang.

Ketua Bawaslu Jateng, Fajar Saka, mengatakan meski ada Covid 19, tapi kerja-kerja pelayanan publik di pengawas pemilu di Jawa Tengah tak boleh berhenti.

Menurutnya, jika ada pihak-pihak tertentu yang melakukan dugaan pelanggaran pilkada 2020 tetap akan ditangani.

"Termasuk jika ada laporan dugaan pelanggaran pilkada 2020, pengawas pemilu juga akan tetap menerimanya," tegas Fajar, Selasa (24/3).

Fajar menerangkan, meski terdapat beberapa tahapan Pilkada 2020 yang tertunda akibat pandemi Covid-19, Bawaslu Jateng menyebut ada beberapa hal yang bisa dilakukan jajaran pengawas pemilu di Jawa Tengah.

Pengawas pemilu di Jawa Tengah tetap terus menerus saling melakukan koordinasi baik secara internal maupun dengan stakeholder lain.

Pengawas pemilu di Jawa Tengah tetap bisa melakukan kegiatan-kegiatan dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Selain itu, penting juga untuk selalu mengikuti arahan dan instruksi dari pimpinan di Bawaslu RI maupun Bawaslu Provinsi Jawa Tengah. Koordinasi tersebut bisa memanfaatkan teknologi dan informasi yang ada.

"Misalnya menggelar diskusi secara online, berdialog dengan publik melalui daring, melayani publik melalui jaringan komunikasi yang mudah dan lain-lain," tambahnya. [jie]





Komentar Pembaca