Pilkades Serentak, TPS Sediakan Sabun Dan Tisu

Daerah  RABU, 18 MARET 2020 , 15:41:00 WIB | LAPORAN: RENDRAS CAVA

Pilkades Serentak, TPS Sediakan Sabun Dan Tisu
RMOLJateng. Sekretaris Daerah (Sekda) Kendal Moh Toha bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan pemantauan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS), Rabu (18/3).  

Pelaksanaan Pilkades serentak diikuti oleh 119 desa yang ada di 20 kecamatan di Kabupaten Kendal.

Pemantauan dilakukan untuk memastikan bahwa pelaksanaan pilkades serentak berjalan lancar, aman dan damai.

Terkait mewabahnya virus Corona atau Covid 19, pemerintah kabupaten memberikan imbauan agar dalam pelaksanaan pilkades tidak melibatkan massa banyak.

Selain itu, pemantauan dilakukan agar panitia TPS benar-benar melaksanakan imbauan. Meliputi menyiapkan beberapa alat pelindung diri seperti air, sabun cuci tangan hingga tisu.

Sekda Kendal, Moh Toha mengatakan, hasil pantuan di beberapa lokasi TPS sudah tersedia air yang cukup, sabun cuci tangan dan tisu.

Bahkan masing-masing Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) sudah memberlakukan beberapa aturan baru seperti menggunakan tisu untuk memegang paku pencoblosan.

Tertera juga pengumuman tertulis agar warga tidak berjabat tangan dan segera pulang selesai mencoblos.

"Sejak kemarin kita sudah melakukan monitoring persiapan agar Pilkasdes aman. Kami juga melihat kondisi apakah P2KD sudah menyediakan alat cuci tangan dan tisu. Mau nyoblos cuci tangan dulu, pas nyoblos pakunya dipegang pakai tisu dan keluar cuci tangan lagi,” katanya saat mengunjungi TPS 5 Desa Darupono Kecamatan Kaliwungu Selatan.

Toha juga mengapresiasi kinerja panitia pemilihan yang memberikan himbauan kepada warganya untuk melakukan pencoblosan secara bergiliran.

Hal itu untuk menghindari saling bersenggolan antar warga maupun berjabat tangan manakala pencoblosan dalam waktu bersamaan.

"Ya memang kelihatannya sepi karena sudah diimbau agar urut dan giliran. Untuk angka partisipasi masyarakat kita harapkan maksimal, di TPS ini saja sudah 218 Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari 240 DPT. Artinya sudah 80 persen lebih," jelasnya.

Setidaknya ada beberapa TPS lain yang dikunjungi Sekda dan jajaran Forkopimda Kendal.

Tak hanya di Kecamatan Kaliwungu Selatan saja tapi juga di Kecamatan Boja, Singorojo, Limbangan dan beberapa kecamatan lain.

Sugiono, Ketua P2KD Darupono, mengatakan, dari lima TPS yang ada semuanya sudah disediakan sabun cuci tangan lengkap dengan air dan tisu.

Pihaknya juga sangat memperhatikan kesehatan warganya dalam pesta demokrasi tiap desa. [hen]

Komentar Pembaca