Wali kota Persilakan Keraton Solo Gelar Peringatan Jumenengan Raja, Asal Ikuti Ketentuan

Daerah  SELASA, 17 MARET 2020 , 19:05:00 WIB | LAPORAN: DIAN TANTI BURHANI

Wali kota Persilakan Keraton Solo Gelar Peringatan Jumenengan Raja, Asal Ikuti Ketentuan
RMOLJateng. Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo tidak mempermasalahkan acara Tingalan Dalem Jumenengan SISKS Pakubuwono (PB) XIII ke 16 tetap digelar, pada Jumat (20/3) mendatang.

Meski Kota Solo sudah berstatus kejadian luar biasa (KLB) corona. Namun, Wali Kota Solo meminta agar kegiatan tersebut mematuhi standar aturanberlaku jika pihak keraton tetap bersikeras menggelar acara  Jumenengan yang rutin digelar setiap tahun.

Hal penting adalah tamu harus sehat dan tidak membawa virus.

"Ya nggak apa-apa Jumenengan tetap digelar. Namun harus di sesuai ketentuan. Yang hadir harus memastikan dirinya sehat,  jika sudah terpapar virus ya tidak perlu hadir," jelas Rudi, panggilan akrab Walikota Solo, Selasa (17/3).

Pihak penyelenggara, lanjut dia, dalam hal ini Keraton Kasunanan Surakarta, harus menyediakan semua persyaratan terkait alat kebersihan untuk tamu undangan yang hadir.

Sebelum acara dimulai, tamu undangan sebelum masuk harus mencuci tangan dengan hand sanitizer. Ada tempat untuk cuci tangan kan lebih baik dan dicek dengan pemindaian panas suhu tubuh (thermal scanner gun).

"Antisipasi itu kan boleh dilakukan. Ada baiknya juga menyediakan Termometer Gun, kalau memang perlu nanti akan dibantu dari pemerintah kota," pungkasnya. [hen]

Komentar Pembaca