Merebaknya Virus Corona Tidak Menyurutkan Karyawan Dan Tamu Horison Nindya Untuk Donor Darah

Nusantara  SENIN, 16 MARET 2020 , 19:25:00 WIB | LAPORAN: TAKHRODJIE

Merebaknya Virus Corona Tidak Menyurutkan Karyawan Dan Tamu Horison Nindya Untuk Donor Darah
RMOLJateng. Meski santer wabah virus corona, tidak menyurutkan karyawan dan tamu Horison Nindya untuk donor darah. Bertempat di lantai 2, karyawan dan tamu nampak antusias untuk berbagi.

Ukieto Tsugie, marcomm manager Horison Nindya mengatakan, meski kegiatan sosial itu rutin tiga bulanan, namun bagi pendonor tetap harus melalui pemeriksaan sebelum mendonorkan darahnya.

"Meski ini rutin kita lakukan tiga bulan sekali, namun bagi karyawan dan tamu harus menjalani pemerksaan terlebih dahulu sebelum mendonorkan darahnya," ujar Tsugie, Senin (16/3/2020).

Pemerikaan lanjut Tsugie, untuk melihat kondisi kesehatan pendonor. Selain itu untuk melihat apakah darah yang didonorkan mengandung penyakit atau tidak.

"Meski sudah rutin donor darah, tapi pendonor harus menjalani pemeriksaan terlebih dahulu," tambahnya.

Sementara itu dr. Akbar dari PMI Kota Semarang mengatakan, darah yang aman merupakan darah yang berasal dari donor risiko rendah, yang salah satunya bisa didapat dari donor darah sukarela.

"Hal ini penting untuk diperhatikan mengingat darah juga dapat menjadi media penularan penyakit seperti HIV, Hepatitis B, Hepatitis C dan Sifilis," ujar dr. Akbar.

Lebih lanjut dr. Akbar menyatakan, rutin mendonorkan darah dapat meningkatkan kesehatan. Selain itu pendonor dipastikan sehat karena kondisi kesehatan diperiksa secara berkala, sehingga pendonor akan merasa lebih bugar.

"Selama donor darah berlangsung, kami juga memberikan pengertian kepada para pendonor untuk memahami virus corona," tambahnya.

Menurutnya, virus corona merupakan penyakit pernapasan yang menular lewat cairan tubuh saat batuk dan bersin. Sejauh ini, belum ditemukan penularan virus corona menular melalui darah pasien yang positif.

"Jadi, ada kemungkinan orang yang sudah menerima transfusi tidak tertular virus corona," ujarnya.

Catharina Vemy, General Manager Horison Nindya Semarang menambahkan, dengan mengusung tema We Care Blood Donation", kegiatan donor darah menghasilkan 37.

"Kegiatan kali ini kami memberikan apresiasi untuk peserta yang turut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah dengan memberikan give away berupa room voucher complimentary untuk 1 peserta yang beruntung dengan mengupload kegiatan selama donor darah di laman Instagram masing-masing," pungkas Vemy. [jie]

Komentar Pembaca