KKN Univet Kampanye Cegah Virus Corona Ke Pelosok Desa

Daerah  SABTU, 14 MARET 2020 , 16:54:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

KKN Univet Kampanye Cegah Virus Corona Ke Pelosok Desa
RMOLJateng. Momen wabah virus Corona yang muncul menjadi salah satu fokus materi dan tema dalam KKN Univet Bantara Sukoharjo.

"Moment wabah virus Corona juga dijadikan materi penyuluhan KKN. Diawali penyuluhan PHBS, sosialisasi dan informasi mengenai virus Corona," kata Dewi Susilowati, wakil rektor II Univet Sukoharjo, saat melakukan monev KKN di kecamatan Semin, Gunungkidul, Sabtu (14/3/2020).

Tim monev KKN menemukan kegiatan mahasiswa sudah mengarah pada pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan memanfaat hasil bumi yang ada di sekitar.

"Seperti di desa Sumberejo Gunungkidul memanfaatkan pengolahan dari bahan lidah buaya. Desa Pundungsari memanfaatkan daun kelor untuk teh, Desa Bulurejo mengajarkan membuat jamu," imbuhnya.

Dewi berharap masyarakat mendapatkan manfaat dengan adanya KKN didesa mereka. Khususnya dalam hal pengetahuan dan perekonomian.

Salah satu peserta KKN, Wahyu Adi Hermawan, mahasiswa FKIP Univet mengatakan kegiatan mereka mendapat dukungan dari masyarakat.

"Di Gunungkidul banyak ditemukan hasil bumi seperti empon empon, sayuran, yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan maupun bermanfaat ekonomis," kata Wahyu.

KKN Univet periode 2019/2020, diikuti 268 mahasiswa, yang disebar di tiga kabupaten, yakni di Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Wonogiri. [jie]

Komentar Pembaca
Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 18:16:00

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 19:39:00

Suasana Pusat Oleh-Oleh Khas Semarang Saat Libur Panjang