UNS Miliki Kawasan Pelopor dan Benteng Pancasila

Pendidikan  KAMIS, 12 MARET 2020 , 17:49:00 WIB | LAPORAN: DIAN TANTI BURHANI

UNS Miliki Kawasan Pelopor dan Benteng Pancasila
RMOLJateng. Universitas Sebelas Maret (UNS) kini memiliki kawasan Pelopor dan Benteng Pancasila yang diresmikan langsung Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Jamal Wiwoho.

Jamal menyebut, UNS berkomitmen untuk mengikrarkan diri sebagai Kampus Benteng Pancasila.

UNS juga mendeklarasikan diri untuk menjadi 'rumah' bagi mahasiswa-mahasiswi penganut enam agama di Indonesia. Meliputi Islam, Hindu, Budha, Katolik, Kristen, termasuk Khonghucu.

"Salah satu bukti nyata bahwa kampus UNS sangat ramah dengan perbedaan, terutama dalam hal perbedaan dan ke-Bhinneka-an dalam beragama dengan menyediakan fasilitas ibadah yang lengkap di satu area," papar dia, Kamis (12/3).

Keberadaan enam rumah ibadah di kampus utama UNS lanjut dia, merupakan simbol persatuan dan keharmonisan diantara sivitas akademika UNS.

Menurutnya, semangat UNS untuk menjadi institusi pendidikan yang berdaya saing, maju, dan unggul akan semakin mudah sebab hubungan diantara sivitas akademikanya kuat dan solid.

"Mari semuanya menghindari perpecahan, terutama dalam permasalahan keagamaan.
Perpecahan harus dijauhkan. Perbedaan penganut keagamaan bukan untuk mencari hal-hal yang tidak benar. Tapi, dengan perbedaan agama dan kepercayaan mari kita selalu damai," pungkasnya. [hen]

Komentar Pembaca