Gubernur Ganjar Instruksikan Tindak Tegas Galian C yang Melanggar

Daerah  SELASA, 10 MARET 2020 , 14:41:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD OLIEZ

Gubernur Ganjar Instruksikan Tindak Tegas Galian C yang Melanggar
RMOLJateng. Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menegaskan, akan menindak tegas pelaku usaha galian C yang melanggar aturan.

Hal itu menyusul tewasnya seorang kiai dan lima santriwati yang tenggelam di bekas galian C di Desa Kronggen, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan.

Hal ini dikatakan Ganjar usai menghadiri acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Wilayah (Musrenbangwill) Eks Karisidenan Pati, yang digelar di Pendapa Kabupaten Jepara, Selasa (10/3) siang.

"Kita akan cek satu persatu. Kalau ada yang melanggar, kita minta polisi untuk menertibkan semuanya," tegasnya.

Terkait galian C di Grobogan yang merenggut enam nyawa itu, menurut Ganjar, lokasi itu sudah mengantongi izin. Hanya saja, ke depan akan dipertegas dan dicek lagi soal fungsinya.

"Ada izinnya (di Grobogan). Maka fungsinya sebenarnya ada fungsi yang lain. Maka kita tertibkan semuanya, termasuk yang sudah ditambang. Apa fungsi reklamasi, apa fungsi keamanan. Sehingga tidak mencelakai," bebernya.

Diketahui, enam orang tewas tenggelam di lokasi Galian C di Dusun Sobotuwo Desa Kronggen Kecamatan Brati, Grobogan pada Senin (9/3). Diduga korban tewas terpleset saat hendak mengambil air karen selesai kerja bakti di lingkungan pondok pesantren.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Mulanya ada sebanyak delapan orang yang mengambil air. Mereka adalah santri di Pondok Pesantren Al Latifiyah di Kronggen Kecamatan Brati. [hen]



Komentar Pembaca