Gelar Pengajian Berbau Kampanye Lurah Begajah Dilaporkan Ke Bawaslu

Politik  SENIN, 09 MARET 2020 , 11:59:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

Gelar Pengajian Berbau Kampanye Lurah Begajah Dilaporkan Ke Bawaslu
RMOLJateng. Presidium Aktifis Sukoharjo melaporkan lurah desa Begajah, kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, ke Bawaslu Sukoharjo, Senin (9/3/2020).

Diwakili Dableg SS, selaku wakil Presidium, laporan diterima oleh komisioner Bawaslu, Bambang Muryanto, Rohmad Basuki dan jajarannya.

"Ini keresahan dari masyarakat Sukoharjo. Kemarin sudah ada informasi kalau ada pemanggilan ASN yang diduga tidak netral, tapi kok sepertinya diabaikan dan terus dilakukan pelanggaran netralitas oleh ASN dan semakin masif. Yang sangat mengkawatirkan pada Minggu 8 Maret kemarin kampanye di acara pengajian," kata Dableg SS pada media usai melapor.

Saat melapor Dableg membawa sejumlah barang bukti, yakni undangan dan foto kegiatan yang pada spanduk ada tulisan mengajak masyarakat pada 23 September 2020 untuk mencoblos pasangan EA.

"Kami juga akan menghadirkan sejumlah saksi yang siap dihadirkan untuk memberikan keterangan," tandas Dableg.

Dableg melaporkan Lurah Begajah, Sri Mardiyanto, selaku penyelenggara pengajian dalam rangka Isra Mi'raj di GOR Virgo, Begajah, Sukoharjo.

Diketahui saat pengajian juga dihadiri sejumlah pejabat ASN Pemkab Sukoharjo, dihadiri bakal calon bupati dan wakil. Selain ada spanduk ajakan memilih dan mencoblos Paslon EA, juga ada ajakan langsung.

Komisioner Bawaslu Sukoharjo, Rochmad Basuki, menyatakan siap menindaklanjuti laporan tersebut.

"Ini laporan pertama yang dilakukan masyarakat yang kita terima. Segera kita tindaklanjuti dengan batas waktu Paling lama 5 hari kalender," kata Rachmad.

Setelah masa pemeriksaan dan pemberkasan, akan dibuat kajian hukum yang kemudian dilaporkan ke Komisi ASN (KASN).

Kembali ditegaskan Rachmad, netralitas ASN melekat 24 jam, tanpa tergantung masa kampanye atau tidak dalam proses Pilkada. Selain itu juga ada pasal dalam kode etik ASN dan sejumlah pasal lainnya.  [jie]



Komentar Pembaca