Pemerintah Kaji Sertifikasi Bebas Virus Corona bagi Wisatawan

Nusantara  KAMIS, 05 MARET 2020 , 13:48:00 WIB | LAPORAN: E NUGRAHA

Pemerintah Kaji Sertifikasi Bebas Virus Corona bagi Wisatawan

Suasana Bandara Soetta Jakarta

RMOLjateng. Pemerintah akan memberlakukan sertifikasi bebas virus corona bagi tiap warga negara asing (WNA) maupun warga negara Indonesia (WNI) dari luar negeri yang ingin masuk ke Indonesia. Sertifikat ini sebagai bagian pencegahan penyebaran virus corona di Indonesia.

Pernyataan ini disampaikan Wakil Presiden Ma'ruf Amin merespons dua warga asal Depok, Jawa Barat yang positif virus corona diduga karena tertular dari WNA saat berkunjung ke Indonesia.

"Mungkin juga kita akan menerapkan sertifikasi bebas korona, dan kita juga akan meneliti jejak perjalanan kemana saja dia dan dari mana saja," kata Ma'ruf di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (4/3).

Ma'ruf menjelaskan pemerintah juga akan mengetatkan di semua pintu masuk di jalur udara, laut dan dara bagi lalu lalang orang-orang, termasuk wisatawan mancanegara maupun WNI-WNI yang pulang ke Indonesia.

"Kita akan memperketat masuknya wisman atau juga WNI yang pulang dari luar negeri akan kita perketat. Itu saya kira," kata dia.

Saat ini pemerintah telah menyiapkan 135 rumah sakit rujukan bagi pasien positif virus corona di seluruh Indonesia. Rumah sakit itu diklaim sudah dilengkapi pelayanan kesehatan berstandar WHO untuk menangani virus corona.

"135 RS yang dilengkapi dengan kamar isolasi berstandar atau protokol WHO," kata dia.

Sebelumnya, beberapa pihak meragukan Pemerintah Indonesia dalam hal pengawasan terhadap orang-orang yang tiba datang ke Indonesia. Terlebih setelah adanya kasus seorang WN Jepang berkunjung dan dinyatakan positif virus corona sekembalinya dari Indonesia. [ard]

Komentar Pembaca
Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 12:14:00

Pemberkatan Pernikahan di Gereja Golden Gate Community Church (G2CC) Semarang