Banjir Purworejo, Puluhan Warga Desa Bapangsari Mengungsi

Peristiwa  KAMIS, 05 MARET 2020 , 08:20:00 WIB | LAPORAN: MARNIE UTAMINING

Banjir Purworejo, Puluhan Warga Desa Bapangsari Mengungsi
RMOLJateng. Hujan deras sejak kemarin sore (4/3) hingga pagi ini (5/3), menyebabkan debit air Sungai Bogowonto meluap. Ada beberapa wilayah Kabupaten Purworejo yang banjir.

Dari informasi Kapolsek Bagelen, AKP Sarjana, banjir di Desa Bapangsari, Kecamatan Bagelen, menyebabkan 90 orang warga mengungsi di Masjid Al Mustakim Dusun Bojong, Desa Bapangsari.

"Pengungsi ada lansia dan anak-anak. Mereka sudah menerima bantuan logistik dari BPBD berupa beras, selimut, mie  instan, air mineral dan lain-lain," kata Sarjana.

Untuk Desa Dadirejo, Kecamatan Bagelen 25 orang telah dievakuasi ke rumah Kadus Karangjambu dan ke Puskesmas Kwojo sebanyak 41 orang.

"Saya menghimbau agar masyarakat yang mengungsi agar jangan lupa mengunci pintu rumah supaya tidak dimanfaatkan orang-orang tak bertanggung jawab melakukan tindakan kriminal (mencuri). Untuk warga, waspadai debit air sambil menunggu perkembangan," kata Sarjana.

Banjir Purworejo di Bagelen juga mengakibatkan arus lalin Kalirejo-Bagelen terputus. Sementara itu, di Desa Purwosari, Kecamatan Purwodadi juga dilanda banjir hingga kedalaman 50cm.

Salah satu warga Purwosari, Sri Wurni mengatakan bahwa, luapan air Sungai Bogowonto sudah masuk ke pekarangan rumahnya.

"Banjir pagi ini di wilayah Desa Purwodadi dan Desa Purwosari sampai Jenar. Kalau hujan tidak reda, saya khawatir airnya masuk rumah. Memang sudah tiap tahun selalu banjir," lanjut Sri Wurni yang rumahnya berjarak 150 m dari sungai. [jie]










Komentar Pembaca