Kadin Jateng Sampaikan Rekomendasi Ke Pemerintah Terkait Dampak Corona

Ekonomi  RABU, 04 MARET 2020 , 18:46:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Kadin Jateng Sampaikan Rekomendasi Ke Pemerintah Terkait Dampak Corona
RMOLJateng. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Tengah melakukan rapat koordinasi dengan para anggota dan asosiasi pengusaha di Jawa Tengah.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Kadin sepakat bersama-sama memberikan kontribusi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam mengantisipasi dampak ekonomi yang disebabkan oleh Covid-19.

Ketua Kadin Jateng, Kukrit Suryo Wicaksono mengatakan, telah menyusun beberapa hal terkait antisipasi dampak Covid-19 tersebut.

Nantinya, hasil rapat tersebut akan dirangkum menjadi rekomendasi yang nantinya diserahkan kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

"Kami tadi sudah berkumpul dan berkoordinasi dengan 48 asosiasi pengusaha di Jawa Tengah. Hasilnya akan kami rangkum dan kami serahkan rekomendasi kepada Pak Gubernur. Tadi intinya ada banyak potensi lokal yang bisa kita gali bersama dan kita kembangkan," kata Kukrit, Rabu (4/3).

Selain itu, Kukrit juga mengungkap beberapa sektor ekonomi di Jawa Tengah sudah mengalami dampak dari Covid-19.

Dia menyebutnya sektor tekstil, dan farmasi, mengalami dampak yang cukup serius yakni, terhambatnya suplai bahan baku untuk produksi.

"Tekstil bahan bakunya untuk di Jawa Tengah bertahan hingga dua bulan, farmasi juga, sama. Sebagian besar, bahan baku berasal dari Cina. Bahkan sampai ada pabrik mengurangi jam kerja," katanya.

Untuk itu, Kukrit juga menjelaskan pihaknya meminta keringanan pemerintah agar para pengusaha dapat selamat dari wabah yang mendunia tersebut.

"Misalnya keringanan listrik dari PLN, kemudian kami akan bilang ke OJK,  IJK, dan perbankan agar ada kemudahan bagi kami, karena memang ini masa yang sulit," tandasnya. [hen]

Komentar Pembaca